iklan zonasultra

ASDP Berbagi Tips Mudik Lebaran

Ilustrasi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Mudik lebaran merupakan salah satu tradisi yang paling ditunggu masyarakat setiap tahun, apalagi bagi mereka perantau yang mencari kerja di luar daerah serta mereka yang tinggal jauh dari keluarga besar.

Segala persiapan pun disiapkan agar mudik dapat berjalan lancar, aman dan selamat sampai tujuan. Namun, tak sedikit pula kita mendapatkan informasi musibah akibat arus mudik lebaran yang begitu padat.

Nah, berikut beberapa tips mudik lebaran yang disampaikan oleh PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Baubau agar mudik Anda dapat berjalan lancar dan aman.

Kepala Cabang ASDP Baubau Umar Imran mengatakan, hal utama yang perlu diperhatikan pemudik adalah tidak memilih waktu mudik tiga atau dua hari menjelang hari raya idul fitri. Karena dipastikan waktu itu akan terjadi kepadatan yang menumpuk.

Terutama bagi Anda yang membawa balita atau anak kecil karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan buah hati Anda. Selain itu, tenaga fisik Anda juga dapat terkuras habis untuk menunggu antrian, apalagi masih dalam suasana bulan suci ramadan.

Selanjutnya, pemudik yang ingin menggunakan jasa angkutan laut dapat membeli tiket dengan teratur di pelabuhan. Tidak berdesakan dan berebut satu sama lain, karena hal tersebut dapat mengancam keselamatan calon penumpang kapal.

Termasuk dalam mengantri kendaraan baik roda dua dan roda empat agar menguti urutan dengan tidak saling mendahului. Sebab, pihak ASDP siap melakukan penambahan jam pelayaran jika terjadi penumpukan penumpang.

Kemudian menjaga barang barang bawaan perlu pula diperhatikan, mislanya membawa barang sesuai bobot kendaraan atau tidak melebihi kapasitas.

Bagi pemudik yang memilih menginap di Pelabuhan demi mendapatkan tiket lebih awal, Umar menyarankan agar tetap menjaga kesehatan dan tidak melakukan tindakan yang melanggar aturan yang berlaku.

Selain tips ini, pihak ASDP pun berusaha memberikan pelayanan yang maskimal kepada setiap calon penumpang. Mulai dari pelayanan tiket, pelayanan di kapal hingga penumpang sampai dengan selamat ditujuan.

Untuk diketahuu, ASDP Cabang Baubau menyiapkan 10 kapal ferry untuk mengangkut penumpang selama arus mudik dan balik lebaran 2018.

Berdasarkan prediksi ASDP, kepadatan penumpang pada puncak arus mudik lebaran tahun 2018 terjadi pada jalur Tampo- Torobulu sekitar 3.390 dengan jumlah trip 22 H-1. Kemudian, Amolengu- Labuan sekitar 2.207 penumpang dengan jumlah trip 16 H-3 sedangkan Baubau- Waara diprediksi H+2 dengan jumlah 3.214 penumpang untuk 29 trip. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib