iklan zonasultra

Asosiasi Pelaku Usaha Kuliner Bakal Gelar Turnamen Catur di Kolut

Asosiasi Pelaku Usaha Kuliner Bakal Gelar Turnamen Catur di Kolut
TURNAMEN CATUR - Asosiasi Pelaku Usaha Kuliner (APUK) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) bakal menggelar turnamen catur untuk mencari bibit atlet yang unggul dan berbakat, khususnya wilayah di Kolut. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari di Buana Scuare Desa Tojabi Kecamatan Lasusua. (Rusman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Asosiasi Pelaku Usaha Kuliner (APUK) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) bakal menggelar turnamen catur untuk mencari bibit atlet yang unggul dan berbakat, khususnya wilayah di Kolut.

Turnamen yang diberi nama APUK Cup 2019 ini juga merupakan rangkaian memeriahkan hari jadi Kolut ke-16 dilaksanakan selama dua hari di Buana Scuare Desa Tojabi, mulai Sabtu, 14 Desember 2019.

Ketua APUK, Yunus mengatakan, turnamen catur ini sebagai upaya meningkatkan kualitas pemuda, khususnya yang mencintai olahraga catur. Sehingga ia mengajak para pengusaha kuliner lainnya di Kolut untuk bekerjasama mengadakan turnamen tersebut.

Kata Yunus, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kolut untuk memberikan pembinaan dan teknis selama kegiatan itu berlangsung.

“Tujuan kami adakan turnamen ini untuk mencari bibit pemain catur jangan sampai ada generasi muda di Kolut yang punya bakat tapi tidak diketahui. Jadi dengan jalan ini bisa kita tahu,” kata Yunus di Lasusua, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga : 98 Pecatur Bertarung di Kejurprov Sultra

Menurutnya, catur adalah salah satu bidang olahraga yang sangat akrab di tengah-tengah masyarakat karena hadir di berbagai tempat, seperti di rumah, kantor, dan warung makan.

“Awal diwacanakan kegiatan ini ternyata teman pengusaha kuliner sangat merespon dengan baik dan beberapa siap jadi sponsor, sehingga yang akan disiapkan untuk pemenang sebesar Rp10juta,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Daeng ini menambahkan, saat ini pihaknya fokus menyusun serangkaian kegiatan tersebut dan dia berharap bisa berjalan lancar sampai selesai.

“Selama kita umumkan sudah lebih 100 pendaftar dengan persyaratan KTP saja. Jadi masalah teknisnya kita percayakan kepada Percasi,” bebernya.

Ketua Umum Percasi Kolut, Muhammad Sahir mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang akan dilakukan oleh APUK ini.

“Kita akan rapatkan terlebih dahulu dengan APUK terkait mekanismesnya, karena rencananya peserta perseorangan putra/putri dengan waktu 15 menit dan swiss 11 babak tergantung dari jumlah peserta,” terangnya.

Ia juga mengharapkan peserta bisa menunjukkan kemampuan masing-masing dan menjunjung tinggi sportifitas. (b)

 


Kontributor : Rusman
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib