Honda

Atraksi Panjat Pinang Warnai Kemeriahan Hari Kemerdekaan di Wowanggu

Atraksi Panjat Pinang Warnai Kemeriahan Hari Kemerdekaan di Wowanggu
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kemeriahan hari kemerdekaan yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunya. Berbagai cara dilakukan dalam memperingati hari kemerdekaan ini mulai dari upacara bendera, berkunjung ke makam pahlawan hingga menggelar berbagai lomba.

Salah satu lomba yang ikonik di setiap perayaan hari kemerdekaan adalah lomba panjat pinang. Nah untuk tahun ini warga di Kelurahan Wowanggu Kecamatan Kadia pun pun menghelat atraksi panjat pinang yanh diketahui sudah ada sejak zaman belanda ini.

Untuk atraksi panjat pinang di Wowanggu, warga menyediakan dua batang pohon pinanang yang kokoh dan tinggi menjulang.

iklan zonasultra

Agar lebih meriah setiap batang pohon ini disemati dengan beragam hadiah dengan total senilai Rp5 juta per batang. Lomba ini, dilaksanakan pada Sabtu sore, lapangan Jati Raya. Masing-masing batang pohon akan diperebutkan oleh dua tim. Masing-masing tim berjumlah sembilan orang.

Aksi ini semakin seru ketika para peserta hendak berlomba – Lomba untuk menggapai hadiah yang berada dipuncak pohon itu, Tak jarang dari mereka terjatuh akibat tak kuat memegang batang pohon pinang yang sengaja diolesi oli. Untuk sukses menurunkan berbagai hadiah di puncak pohon, setiap tim mengerahkan segala kemampuanya termasuk bagaimana cara agar mereka tidak terperosot daei licinya pohon pinang.

Salah satu warga Kadia, Subhan mengatakan setiap tahunya di hari kemerdekaan kegiatan serupa ini memang rutin digelar. Kegiatan seperti ini sengaja dilakukan selain untuk mengisi kemeriahan 17 Agustus juga dilakukan untuk merawat semangat kebersamaan, gotong royong sesama warga.

(Baca Juga : Meriahkan HUT RI, Pekat IB Gelar Lomba Panjat Pinang di Laut)

“Panjat pinang ini kita siapkan untuk memeriahkan HUT RI. Semoga warga terhibur dan hadiah yang didapat bermanfaat,” katanya saat ditemui di lapangan jati raya wowanggu sore tadi (18/8/2018).

Hal Senada diungkapkan, Camat Kadia Syamsu Alam mengapresiasi kegiatan diselenggarakan warga Wowanggu yang menggelar berbagai kegiatan positif untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

“Tapi makna hari kemerdekaan ini bukan sekedar pesta dan lomba tapi tujuan utama adalah membangkitkan semangat anak muda dalam rangka kemerdekaan,” sebutnya. B

 


Reporter : Rasmam Saputra
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib