iklan zonasultra

Awal Oktober, Dua Fakultas USN Pindah ke Tanggetada

Rektor USN Kolaka, Azhari
Azhari

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak dua fakultas di Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka pada awal Oktober 2019, bakal segera pindah ke kampus baru USN di Kecamatan Tanggetada, Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra)

Kedua fakultas tersebut yakni Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Iklan Zonasultra

Rektor USN Kolaka, Azhari mengatakan bila tak ada aral melintang, FTI dan FISIP akan pindah dari kampus lama di Jalan Pemuda ke kampus baru di Tanggetada pada awal bulan Oktober 2019.

Ia mengatakan, di kampus baru USN di Tanggetada, FTI dan FISIP akan menempati bangunan baru yang saat ini pengerjaannya sudah memasuki tahap penyelesaian.

(Baca Juga : Sebelum Akhir 2019, Proses Perkuliahan USN Kolaka Pindah di Kampus Tanggetada)

“Kita sudah rapat, jadi tinggal saya tandatangani SK-nya. Kita rencanakan awal Oktober dua fakultas itu sudah mulai beraktivitas di kampus baru USN di Tanggetada,” kata Azhari di Kolaka, Rabu (4/9/2019).

Lanjutnya, pindahnya FTI dan FISIP ke Tanggetada, menyusul dua fakultas USN lainnya yang sudah lebih dulu berkampus di sana, yakni, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (FPPP)

Sementara Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Hukum akan menyusul juga, hanya saja masih menunggu pengerjaan gedungnya diselesaikan. Namun, rencana pemindahan kedua fakultas tersebut juga akan dilaksanakan akhir tahun 2019 ini.

Sementara itu, ditemui di tempat terpisah, Dekan FTI USN, Qammaddin, mengatakan kepindahan dua fakultas itu, khususnya FTI ke kampus baru USN di Tanggetada bukan hal baru. Sebab, pemindahan itu telah diwacanakan bahkan sudah tersosialisasikan kepada mahasiswa sejak 2015 lalu.

Menurutnya, ada berbagai pertimbangan hingga FTI layak pindah ke kampus baru. Diantaranya, kondisi fisik gedung kuliah FTI di kampus induk saat ini perlu perbaikan untuk kenyamanan dalam proses perkuliahan.

Selain itu, jumlah mahasiswa FTI yang berjumlah 1.877 terdiri dari 1.662 mahasiswa lama dan 215 mahasiswa baru, sudah tidak sebanding dengan jumlah ruang perkuliahan di kampus induk.

Qammaddin menambahkan, ketersediaan sarana di kampus baru, yaitu tersedia 18 ruang kuliah dengan struktur gedung tiga lantai. Terdapat pula gedung laboratorium terpadu, serta dua ruang laboratorium komputer yang memadai.

“Kita harapkan kampus baru akan membawa suasana baru, dan semoga iklim akademik tetap terjaga dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi.

Di samping itu, ia menilai keberadaan kampus baru USN di Tanggetada, akan memberi dampak positif yang signifikan pada pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi warga yang tinggal di seputaran kampus baru. (a)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib