iklan zonasultra

Awal Tahun, Kondisi Ekonomi Konsumen di Sultra Menurun

Kepala BPS Provinsi Sultra Atqo Mardianto
Atqo Mardianto

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memprediksi gejolak ekonomi di awal tahun 2018 menurun, seiring dengan menurunnya angka optimisme masyarakat terhadap situasi bisnis dan perekonomian.

Kepala BPS Provinsi Sultra Atqo Mardianto mengungkapkan, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Sultra pada triwulan IV 2017 sebesar 103,09 atau turun 6,94 dari triwulan III yang sebesar 110,03.

Meski menurun, kata Atqo, ITK ini masih dalam kondisi ekonomi yang baik karena di atas angka 100.

iklan zonasultra

Atqo menambahkan, awal tahun 2018 ini angka ITK turun di bawah 100 atau berada di angka 95,82. Ini merupakan peringatan bagi pemerintah agar menjaga kondisi ekonomi dalam kurun waktu triwulan I ini.

Apalagi ia menegaskan angka ITK setidaknya memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Kenapa ini menurun, memang banyak aktivitas di awal tahun tidak bakal dilakukan oleh masyarakat misalnya melakukan perjalanan wisata dan menggelar pesta pernikahan serta tidak melakukan aktivitas ekonomi yang berlebihan,” tukas Atqo di Aula Vicon BPS, Senin (5/2/2018).

Ia pun berharap angka optimis dari konsumen atau masyarakat dapat meningkat di atas angka 100.

“Ini warning buat kita semua ya, jadi meskipun masih prediksi kita harus tetap memperhatikan ini, karena sangat erat korelasinya dengan pertumbuhan ekonomi,” katanya. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib