iklan zonasultra

Bakal Gelar USBK, SMAN 4 Kendari Jadwalkan Ujian Sekolah Lebih Awal

SMAN 4 Kendari
SMAN 4 Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sukses menggelar Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) tahun lalu, SMAN 4 Kendari kini kembali memberlakukan USBK. Pemberlakuan USBK tersebut menyebabkan jadwal ujian sekolah akan dimulai lebih awal.

SMAN 4 Kendari
SMAN 4 Kendari

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMAN 4 Kendari, Suradin Daaba mengungkapkan, pemberlakuan USBK tersebut hanya dikhususkan untuk kelas 12. Selain untuk menjadikan ajang try out bagi para siswa kelas 12, juga jumlah unit komputer yang ada belum mencukupi untuk diberlakukannya sistem tersebut kepada seluruh siswa.

“Ini juga pada prinsipnya untuk membiasakan siswa pada ujian online, sehingga pada saat UNBK nanti sudah tidak ada masalah lagi pada bagian teknis,” jelas Suradin saat ditemui Selasa (31/10/2017).

Lanjutnya, perbedaan pelaksanaan USBK tahun ini dengan tahun sebelumnya yakni pada mata pelajaran. Di mana pada tahun sebelumnya yang diujikan berbasis komputer hanya untuk dua mata pelajaran, tahun ini USBK akan diberlakukan untuk seluruh mata pelajaran yang akan diujikan pada UN.

Ujian sendiri akan berlangsung pada 27 November 2017. Jadwal tersebut lebih cepat dari pada jadwal ujian semester ujian manual, yakni pada 30 November 2017, dan akan berakhir lebih lambat tiga hari. “Hal kami lakukan karena USBK memang membutuhkan waktu lebih panjang dibanding ujian manual,” jelas Suradin.

Untuk jenis soal sendiri, lanjutnya meskipun menggunakan server lokal di masing-masing laboratorium, soal akan diinput secara online. Soal terdiri dari tiga paket dengan tingkat kesulitan yang sama, dan dirancang oleh guru-guru SMAN 4 Kendari.

Untuk diketahui, saat ini komputer di SMAN 4 Kendari berjumlah 80 unit, dengan tambahan sekitar 20 laptop. Menurut Suradin, apabila masih ada kekurangan, maka pihak sekolah akan meminjam laptop siswa, sebagaimana pada pelaksanaan UNBK sebelumnya. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

iklan halo sultra 2018

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib