iklan zonasultra

Bakesbangpol Linmas Pastikan Gafatar Belum Masuk di Butur

“Sampai saat ini belum ada itu namanya Ormas Gafatar di sini, baik itu tercatat maupun adanya indikasi kegiatan terselubung di masyarakat,” kata Kepala Bakesbangpol Butur, Sirajuddin, Selasa (24/2/20

“Sampai saat ini belum ada itu namanya Ormas Gafatar di sini, baik itu tercatat maupun adanya indikasi kegiatan terselubung di masyarakat,” kata Kepala Bakesbangpol Butur, Sirajuddin, Selasa (24/2/2015). 
Meski demikian, pihaknya tetap mewaspadai adanya Ormas tersebut kalau melakukan segala bentuk kegiatannya di wilayahnya. Selain itu, dirinya menegaskan kalau suatu saat nanti adanya permohonan rekomendasi dari Ormas itu, tidak begitu saja memberikan surat rekomendasi yang diminta.
“Kami sudah melakukan pencegahan dan pendektesian dini melalui forum kewapadaan dini masyarakat (FKDM). Lagi pula kalau secara administrasi mereka meminta permohonan surat rekomendasi untuk menjalankan kegiatannya, maka harus ada surat rekomendasi dari Provinsi,” terangnya.
Menurutnya, Gafatar merupakan organisasi yang sudah dilarang oleh pemerintah. Hal itu berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Dirjen Kesbangpol Kemendagri tentang pelarangan terhadap aktifitas Gafatar. Sehingga berkaitan dengan itu, diminta kepada Pemda untuk melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap aktifitas Gafatar di wilayah kerja masing-masing dan selalu berkordinasi dengan pihak keaman serta tidak mengeluarkan surat keterangan (SKT) ataupun surat rekomendasi.
“Itu sudah jelas, bahwa Ormas ini sudah dilarang, makanya kita tetap waspada adanya ormas Gafatar, walaupun di Buton Utara belum masuk,” pungkasnya.
Selain bekerjasama dengan FKDM, Sirajuddin mengatakan, langkah-langkah kongkrit yang akan dilakukan ialah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu berhati-hati dengan adanya Ormas yang masuk di Butur dengan iming-iming bantuan.
“Dalam waktu dekat, kami akan sosialisasi agar masyarakat tidak selalu terbujuk dengan adanya Ormas yang menjajikan bantuan, karena dibalik itu kita tidak tahu misi yang terselubung,” imbuhnya.(Darso)

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib