iklan zonasultra

Bangun Pasar Dongkala, Pemda Bombana Siapkan Anggaran Rp6 Miliar

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bombana, Kasim Dia
Muhammad Kasim Dia

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini telah menggagas serta menyiapkan pembangunan Pasar Dongkala di Kecamatan Kabaena Timur dengan estimasi anggaran senilai Rp6 miliar.

Pasar tersebut segera dibangun tahun ini menggunakan dana APBN dari dana tugas pembantuan Kementerian Perdagangan RI tahun 2018.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Bombana Muhammad Kasim Dia mengatakan, Pasar Dongkala akan mulai dibangun pada Agustus tahun ini dengan kapasitas bangunan type C dengan target 3.600 meter lahan peruntukannya.

“Targetnya, pasar ini berkapasitas 54 kios dan los terbuka untuk pedagang ikan dan sembako,” kata Kasim Dia di ruang kerjanya, Senin (4/6/2018).

Terkait lahan pembangunannya lanjut Kasim Dia, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bombana telah melakukan survei kelayakan. Hasilnya, jenis tanah sangat layak dan diakui sangat padat dan matang serta telah melalui tes dari kementerian.

Dia menambahkan, sebelumnya pada 2016 Pemda Bombana telah membangun Pasar Poleang di Kecamatan Poleang dengan kapasitas bangunan type A senilai Rp10 miliar. Kemudian di tahun 2017 dibangun Pasar Lora di Kecamatan Mata Oleo dengan kapasitas bangunan type D serta estimasi anggaran Rp3 miliar.

“Kami berharap dengan upaya pembangunan pasar di Kabaena Timur Dongkala ini bisa berjalan sesuai harapan kita nantinya dan yang jelasnya proses pekerjaan Pasar Dongkala akan dimulai aksinya tahun ini,” tutupnya. (B)

 


Reporter: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib