iklan zonasultra

Banjir di Sultra Hanyutkan 198 Ekor Hewan Ternak

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sultra Muhammad Nasir
Muhammad Nasir

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Banjir yang terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra) menimbulkan kerugian materi yang tidak sedikit. Bahkan hewan ternak masyarakat juga menjadi salah satu korban banjir yang melanda wilayah Konawe, Konawe Utara (Konut) dan Kolaka Timur (Koltim).

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhammad Nasir mengatakan sebanyak 198 ekor hewan ternak menjadi korban banjir yang menerpa tiga kabupaten tersebut. Nasir merinci hewan ternak yang ditelan aliran banjir yakni, di Konawe sebanyak 2 ekor sapi, Koltim 20 ekor sapi dan Konut 144 ekor sapi sehingga total untuk hewan ternak sapi 166 ekor.

Baca Juga : 5.360 Hektar Sawah di Konawe Terendam Banjir, Kerugian Rp 171,5 Miliar

iklan zonasultra

Kemudian, untuk hewan ternak kambing ada 32 ekor hanya dilaporkan hilang di Konut. Sehingga total hewan ternak yang tekena dampak banjir ada 198 ekor.

“Dilaporkan hilang dan terbawa arus,” ungkap Muhammad Nasir kepada zonasultra melalui sambungan WhatsApp Mesengger, Kamis (13/6/2019).

Nasir menjelaskan, kerugian dari peternak sapi mencapai kurang lebih Rp1,3 miliar dengan hitungan satu ekor sapi seharga Rp8 juta.

Baca Juga : Dikepung Banjir, Pemda Konawe Belum Terima Bantuan Pemprov

Sedangkan untuk kerugian peternak kambing mencapai kurang lebih Rp64 juta dengan hitungan satu ekor kambing seharga Rp2 juta.

“Kita masih terus mendata dan menunggu laporan dari pemerintah setempat dan tim yang ada dilapangan,” jelasnya.

Untuk diketahui, data ini sewaktu-waktu dapat berubah karena masih terus diperbaharui dengan semakin luasnya dampak wilayah banjir di tiga kabupaten tersebut. (B)

 


Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib