Banjir Kendari Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumahnya

Banjir Kendari Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumahnya
BANJIR KENDARI - Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Kota Kendari, Minggu (14/4/2019) sore sekira pukul 17.00 Wita mulai surut di beberapa daerah terdampak antara lain di Jalan DI Panjaitan Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wuawua dan di Jalan Haeba Dalam, Kelurahan Wuawua. (Fadli Askar/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARIBanjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Kota Kendari, Minggu (14/4/2019) sore sekira pukul 17.00 Wita mulai surut di beberapa daerah terdampak antara lain di Jalan DI Panjaitan Kelurahan Bonggoeya, Kecamatan Wuawua dan di Jalan Haeba Dalam, Kelurahan Wuawua.

Dari pantauan awak Zonasultra, sejak pukul 22.00 Wita, banjir yang merendam kawasan BTN Findayani itu tampak surut. Namun, genangan air tersebut menyisakan endapan lumpur baik di atas jalan maupun di dalam rumah-rumah warga.

(Baca Juga : Kota Kendari Diterjang Banjir, Ratusan Rumah Terendam)

Tampak, beberapa warga mulai membersihkan lumpur yang masih tergenang. Ada pula yang membersihkan perabotan rumah tangga yang ikut terendam. Namun, nampak dari kejauhan beberapa rumah masih kosong bersama sisa-sisa lumpur.

Sebagian besar warga di sana memang sempat dievakuasi oleh tim search and rescue (SAR) Kendari akibat banjir yang melanda wilayah itu setinggi pinggang orang dewasa. Sebagian barang-barang juga masih ada di luar.

(Berita Terkait : Basarnas Kendari Evakuasi 36 Orang Korban Banjir)

Di kawasan Jalan Haeba Dalam, Kecamatan Wuawua, tampak air mulai surut. Seperti di BTN Findayani, tampak sisa-sisa lumpur masih mengotori jalan dan rumah warga. Sebagian besar warga mulai membersihkan tempat tinggalnya.

Banjir di wilayah ini terbilang cukup parah, pasalnya air diperkirakan setinggi satu meter, hingga menyeret beberapa barang dari kawasan pemukiman ke bahu jalan, seperti kursi sofa, dan beberapa perabotan lain.

Hingga saat ini, belum diketahui berapa kerugian materi yang ditimbulkan akibat banjir ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari pun belum bisa memberi ketenangan resmi. Namun, tercatat sebanyak 36 orang berhasil dievakuasi tim Basarnas Kendari dalam kondisi selamat. (a)

 


Kontributor : Fadli Askar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib