iklan zonasultra

Banjir Tiga Kelurahan di Kolaka Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumah

Banjir Tiga Kelurahan di Kolaka Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumah
BANJIR KOLAKA - Warga mulai membersihkan rumahnya pascabanjir melanda tiga kelurahan yakni Kelurahan Mangolo, Ulunggolaka, dan Sakuli di Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka pada Selasa, 30 April 2019. (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Warga mulai membersihkan rumahnya pascabanjir melanda tiga kelurahan yakni Kelurahan Mangolo, Ulunggolaka, dan Sakuli di Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka pada Selasa, 30 April 2019.

Pantauan zonasultra.com di lingkungan Lalodipu, warga mulai membersihkan lumpur sisa banjir di dalam rumah. Terlihat pula mereka membersihkan berbagai perabotan rumah tangga dan mencuci pakaian dengan air yang dibeli oleh warga.

Tampak barang-barang seperti sofa atau kursi, meja, spring bed, serta kasur dikeluarkan dari dalam rumah dan dijemur di halaman dan di pinggir jalan. Termasuk pakaian, selimut, sarung, dan lainnya yang sempat terendam genangan air dijemur di pagar depan rumah warga.

(Berita Terkait : Ratusan Rumah di Kolaka Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai)

Namun ada juga sebagian warga yang menunggu bantuan air bersih dari pemerintah daerah dan instansi terkait. Sehingga mereka belum membersihkan rumahnya. Sementara itu, ada pula rumah yang masih kosong karena pemiliknya masih mengungsi.

Salah seorang warga Lingkungan Lalodipu, Kelurahan Mangolo, Burhan (42) mengatakan, banjir mulai surut sejak kemarin, Selasa, 30 April 2019. Namun, genangan air menyisakan endapan lumpur, baik di atas jalan maupun di dalam rumah-rumah warga.

“Kita sudah mulai bersihkan lumpur yang ada di dalam rumah. Tapi kita masih kekurangan air bersih. Belum juga membersihkan peralatan masak,” ujarnya ditemui di Lingkungan Lalodipu, Kelurahan Mangolo, Rabu (1/5/2019).

(Berita Terkait : Korban Banjir di Kolaka Kesulitan Air Bersih)

Banjir di tiga kelurahan tersebut merupakan banjir terparah yang pernah terjadi, di mana air naik setinggi pinggang orang dewasa atau lebih dari satu meter. Selain itu, banjir terjadi dini hari saat orang masih tertidur lelap, sehingga banyak barang berharga yang tidak sempat terselamatkan dari genangan air.

Banjir yang terjadi dini hari pada Selasa, 30 April 2019 kemarin di Kecamatan Latambaga, Kabupaten Kolaka ini akibat meluapnya Sungai Ulunggolaka dan Mangolo. Meluapnya sungai ini karena hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka sejak Senin, 29 April 2019. (a)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib