iklan zonasultra

Bank Mandiri Siap Hadapi New Normal dengan Digitalisasi

Area Head Bank Mandiri Kendari Rindra Setyawan
Rindra Setyawan

ZONASULTRA.COM,KENDARI– PT Bank Mandiri siap menghadapi new normal di tengah pandemi corona (Covid-19) dengan menyiapkan sistem bank digital.

Area Head Bank Mandiri Kendari Rindra Setyawan mengatakan, bahwa rencana digitilisasi tersebut sudah menjadi wacana Mandiri sejak jauh hari untuk menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih, serta kebutuhan masyarakat akan sistem keuangan yang lebih aman, nyaman dan praktis.

Iklan Zonasultra

“Menghadapi new normal tentunya kami memang memandang bahwa ekspansi cabang baru berupa kantor itu tidak menjadi sesuatu yang prioritas dibanding harus menyiapkan bank digital yang didalamnya lebih banyak aktivitas robotik,” ungkap Rindra melalui pesan WhatsApp, Rabu (3/6/2020).

Selain itu, pembukaan cabang atau ekspansi di tengah pandemi corona juga cukup berisiko, adapun keinginan untuk ekspansi akan diarahkan pada bank digital, karena aksesbilitas masyarakat terhadap perbankan saat ini sudah mulai bergerak ke sistem online.

Sebelumnya seperti dikutip di CNN Indonesia, Bank Mandiri bakal memangkas jumlah kantor cabang untuk menyongsong fase normal baru (new normal) di tengah pandemi virus corona (Covid-19) dengan cara merealokasi kantor yang letaknya berdekatan. Namun realokasi ini disebut tidak akan mengurangi jumlah pegawai.

Mandiri juga menargetkan 75 persen kantor cabang yang sempat ditutup di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beroperasi kembali di akhir Juni, dan 100 persen pada akhir Juli.

Direktur Utama Bank Mandiri Royke Tumilaar mengatakan bahwa pihaknya juga terus mendorong transformasi menuju digital. Salah satunya, meminta para debiturnya untuk mengajukan restrukturisasi kredit secara online untuk mengurangi interaksi tatap muka.

“Untuk di Sultra kita belum ada rencana penerapan kebijakan itu, tapi apabila kita juga sudah diminta untuk menerapkan hal tersebut maka tentu kita akan lakukan,” kata Rindra.

Rindra juga menegaskan bahwa saat ini Bank Mandiri di Sultra fokus pada peningkatan jumlah nasabah, terutama masyarakat yang belum memiliki rekening Mandiri untuk membuka buku tabungan secara online tanpa harus datang ke kantor cabang Mandiri yang ada di Sultra. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib