iklan zonasultra

Bantuan Sinergi 18 BUMN di Sultra Disalurkan untuk Penanganan Corona

Bantuan Sinergi 18 BUMN di Sultra Disalurkan untuk Penanganan Corona
SINERGI BUMN- Vice Presiden Bankn Mandiri Area Kendari Rindra Setyawan (kanan) saat menyerahkan secara simbolis bantuan Satuan Tugas (Satgas) BUMN Tanggap Bencana Covid-19 Sultra senilai Rp218,17 juta kepada Gubernur Sultra Ali Mazi (kiri), Sabtu (25/4/2020) di Rumah Jabatan Gubernur Sultra (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 18 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) BUMN Tanggap Bencana Covid-19 menyalurkan bantuan dalam rangka penanggulangan wabah virus corona dan berhasil menghimpun dana bantuan senilai Rp218,17 juta.

Adapun 18 BUMN yang tergabung dalam satgas tersebut yakni Bank Mandiri sebagai Koordinator Wilayah Tanggap Bencana Satgas BUMN di Sultra, BRI, BTN, Askrindo, Pelindo, PLN, Bulog, Telkom, Sucofindo, PT Pos Indonesia, Jamkrindo, Pegadaian, Jasa Raharja, Perumnas, Taspen, Jasindo, Kimia Farma dan Airnav Indonesia.

Vice Presiden Bank Mandiri Area Kendari Rindra Setyawan mengatakan, ini merupakan wujud kepedulian BUMN untuk saling bergotong-royong membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19, melalui bantuan medis rumah sakit dan sembako untuk masyarakat yang terkena dampak langsung dari Covid-19 ini.

Rindra menyebutkan bantuan untuk alat kesehatan (Alkes) terdiri dari alat pelindung diri (APD) sebanyak 537 unit, masker N95 sebanyak 134 buah, masker sensi 40 karton, hand sanitizer, face shield sebanyak 200 buah, sepatu boot medis sebanyak 134 pasang, multivitamin sebanyak 20 paket, handscoon 18 box, kacamata Google 10 unit dan thermogun sebanyak 4 unit dengan total bantuan senilai Rp125,4 juta.

Bantuan Sinergi 18 BUMN di Sultra Disalurkan untuk Penanganan Corona
Foto bersama Gubernur Sultra bersama jajar Pimpinan BUMN yang ada di Sultra usai penyerahan bantuan sinergi BUMN

Kemudian untuk masyarakat, bantuan BUMN diberikan dalam bentuk sembako di antaranya 2,3 ton beras, minyak goreng 700 liter, mie instan 520 karton, gula pasir setengah ton, paket sembako 70 paket dan lainnya dengan total bantuan senilai Rp92,7 juta.

“Kami saling berkoordinasi terus menerus baik yang ada di kota maupun kabupaten yang ada di Sultra, untuk mengetahui apa saja kebutuhan dari gugus tugas Covid-19 yang ada di kabupaten/kota,” ungkap Rindra.

Penyerahan secara simbolis bantuan BUMN diterima langsung Gubenur Sultra Ali Mazi, Sabtu (25/4/2020) di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Kendari Sulkarnain, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sultra, Kepala BPBD Provinsi Sultra Boy Ihwansyah dan pimpinan BUMN yang ada di Sultra, di antaranya Pimpinan BRI Sam Ratulangi Edy Muthalib, Branch Manager PT Taspen Kendari Fuji Widya Rachmadin dan Pimpinan BTN Kendari Erik Budi Setiawan.

Ali Mazi dalam sambutannya mengapresiasi BUMN di Sultra yang bergerak cepat dan kompak secara bersama membantu pemerintah dan memiliki kepedulian atas kondisi pandemi corona.

“Kalau kita kompak saya rasa semuanya akan berlalu dan corona segara pergi. Intinya bantuan dari semua pihak ini bukti kita bersatu melawan corona,” ujarnya.

Bantuan Sinergi 18 BUMN di Sultra Disalurkan untuk Penanganan Corona
Gubernur Sultra Ali Mazi saat menyerahkan piagam penghargaan kepada Vice Presiden Bank Mandiri Area Kendari Rindra Setyawan selaku Ketua Koordinator Wilayah Satgas BUMN untuk Sultra

Dalam kesempatan ini juga, Ali Mazi menyerahkan piagam penghargaan kepada Koordinator Satgas BUMN Sultra atas bentuk kepeduliannya membantu pemerintah dalam situasi darurat corona.

Nantinya, untuk bantuan medis langsung diserahkan ke RSUD Bahteramas sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 dan untuk bantuan sembako akan didistribuskan oleh BPBD Provinsi Sultra.

Sebelumnya Bank Mandiri melalui Generasi muda Bank Mandiri Kendari yang tergabung dalam Mandiri Youngster Kendari turut andil dalam gerakan kemanusiaan untuk membantu sesama masyarakat terutama mereka yang terkena dampak dari virus corona (Covid-19). Rabu, 22/4/2020 lalu menyalurkan 100 paket di Kendari.

Tak hanya itu Bank Mandiri juga yang tergabung dalam Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Sultra berserta industri jasa keuangan lainnya menyerahkan bantuan sebesar Rp100 juta kepada Pemerintah Provinsi Sultra dan Pemerintah Kota Kendari sebagai bentuk kepedulian dalam mengatasi dampak penyebaran virus corona (Covid-19).

Untuk diketahui, hingga saat ini total pasien positif di Sultra per 25 April 2020 mencapai 41 kasus, 5 kasus sembuh dan 2 kasus meninggal dunia sementara dalam perawatan 34 kasus. Mereka dirawat di tiga rumah sakit berbeda yakni RSUD Bahteramas, RSUD Kota Kendari dan RS Bhayangakara. (Adv)

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib