Tampilan Desktop



Banyak Keuntungan, Diknas Mubar Salurkan Tunjangan Profesi Guru Lewat Bank Sultra
82 Dibaca

Banyak Keuntungan, Diknas Mubar Salurkan Tunjangan Profesi Guru Lewat Bank Sultra PENANDATANGAN MOU – Direktur Bank Sultra cabang Mubar, I Dewa Putu Raka bersama Kepala Dikbud Husein Tali menandatangani MOU penyaluran tunjangan profesi guru di Aula kantor Bupati Mubar,Jumat (4/8/2017). (Laode Pialo/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,LAWORO – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Muna Barat (Mubar) memutuskan untuk menyalrukan tunjangan profesi guru di derah itu melalui Bank Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal itu ditandai dengan adanya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait penyaluran tunjangan para guru oleh Dikbud Mubar dengan Bank Sultra di Aula Bupati Mubar,Jumat,(4/8/2017).

Kepala Dikbud Mubar LM Husein Tali menyatakan, selama ini,
pihaknya telah mulai melakukan penyaluran tunjangan tersebut melelui bank Sultra. Namun, baru sebahagian guru saja. Karena yang lainnya belum memiliki rekenig di bank itu.

“Dengan adanya kerja sama ini, semua guru-guru akan diarahkan untuk membuka rekening di Bank Sultra. Rencananya, itu akan rampung tahun ini,” kata Husein Tali.

Dia juga menyatakan, kerja sama ini akan mempermudah dan mempercepat proses pencairan tunjangan profesi dan sertifikasi guru.

Karena selama ini, hampir semua guru di Mubar langsung menerima tunjangannya melalaui bendahara dinas. Dan ini menyulitkan mereka. Sebab, para guru itu harus mengelurkan biaya lagi untuk bisa mengambil tunjangannya di kantor Dikbud.

“Sekarng tidak lagi sama bendahara. Bendahara hanya menyiapkan administrasi, kemudian diserahkan ke bank Sultra untuk mentransfer tunjangan itu ke rekening masing-masing guru penerima,” jelasnya.

Sementra itu, Direktur Pemasaran Bank Sultra Ebit menyatakan, tujuan kerja sama tersebut untuk mempermudah layanan transaksi pembayaran gaji dan tunjangan lainnya kepada mereka yang yang memiliki hak.

Ebit juga menjelaskan, pihaknya siap melayani pembukaan rekening baru dengan saldo minimal Rp.70 ribu. Ini lebih rendah dari syarat pembukaan rekening baru dari bank-bank lain yang ada di Mubar.

“Yang penting sudah buka rekening dan gajinya langsung masuk. Tidak perlu ada setoran awal, asal ada saldo minimal”, katanya.

Ia juga menjelaskan, beberapa keunggulan layanan Bank Sultra dibanding bank lain adalah, pihaknya tidak mengenakan biaya administrasi dalam pembukaan rekening. Selain itu, asetnya di kelolah oleh Pemda setempat.

“Jadi secara logika saja, kalau kita yang punya bank tapi kita mau menyimpan di tempat lain, itu kan tidak masuk akal. Kemudian, hasil usaha dari Bank Sultra ini akan di kembalikan lagi ke daerah,” terang Ebit.

Ia juga menjelaskan, pendapatan yang masuk sebagai keuntungan dari Bank Sultra juga dibagi dengan Pemda sebesar 57.5 persen.

“Tahun lalu, keuntungan Bank Sultra Rp.198 Milyar. Dan yang masuk di Pemda itu Rp 114 Milyar,” pungkasnya. (B)

 

Reproter: La Ode Pialo
Editor: Abdul Saban

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com