iklan zonasultra

Banyak Timbangan di Pasar Basah Mandonga Tak Sesuai Ukuran

Banyak Timbangan di Pasar Basah Mandonga Tak Sesuai Ukuran
UJI TAKAR - Puluhan timbangan pedagang di Pasar Basah Mandonga ditera ulang (uji takar) oleh Bidang Meteorologi Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Senin (29/4/2019). (Rasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puluhan timbangan pedagang di Pasar Basah Mandonga ditera ulang (uji takar) oleh Bidang Meteorologi Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari, Senin (29/4/2019).

Kepala Bidang Meteorologi Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari Haris Muthalib mengatakan dalam proses tera ulang ditemukan banyak timbangan yang digunakan pedagang tidak sesuai dengan ukurannya. Jadi, pihaknya memperbaiki timbangan para pedagang tersebut agar sesuai dengan alat ukurnya.

iklan zonasultra

Ada pula para pedagang yang timbangannya diambil untuk diperbaiki, sebagai ganti sementara pedagang dipinjamkan timbangan digital. Hal ini dilakukan agar para pedagang dapat tetap melakukan aktivitas berdagangnya.

(Baca Juga : Jelang Ramadan, Harga Sembako di Kendari Berfluktuasi)

Pelaksanaan tera ulang timbangan para pedagang ini dilakukan agar seluruh tawarannya sama. Haris juga mengungkapkan, pelaksanaan tera ulang timbangan pedagang di Pasar Basah Mandonga ini dilakukan sebagai rangkaian persiapan Pemerintah Kota Kendari menyukseskan program kota tertib ukur.

“Selain untuk menunjang proses program kota tertib ukur. Pelaksanaan tera ulang timbangan pedagang di Pasar Basah ini kami lakukan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari timbangan yang tidak sesuai dengan ukurannya,” jelasnya, di Pasar Basah Mandonga, Senin (29/4/2019).

Saharuddin, salah seorang pedagang di Pasar Basah Mandonga, menyatakan proses tera ulang ini sangatlah baik buat pedagang. Dengan begitu timbangan yang digunakannya benar ukurannya dan tidak merugikan pedagang.

“Kami tidak masalah dilakukan pemeriksaan seperti ini. Sebab hal ini juga penting agar alat timbang yang kita gunakan sesuai dengan ketentuannya,” terangnya. (B)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib