Bawa Konut Raih WTP, Marthen Terima Penghargaan Presiden

Marten Minggu
Marten Minggu

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Selama 12 tahun mengabdikan diri sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Marten Minggu berhasil menunjukkan kinerjanya. Marten membantu pemerintah membangun daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sejak diberikan mandat oleh Bupati Konut Ruksamin sebagai Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) pada 2016, Marten mampu mengantar Konut meraih predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP) tahun 2016 dan Wajar Tanpa Pengeculaian (WTP) tahun 2017 oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Di bawah komando Marten, segala aset-aset baik yang bergerak maupun tidak begerak senilai miliaran rupiah berhasil ditertibkan. Sejak 2016 juga, Konut tidak pernah mengalami defisit anggaran dan gaji pegawai serta proyek dapat terbayarkan tepat waktu.

Tak hanyak itu, pria kelahiran Toraja itu juga berhasil membawa Konut meraih peringkat pertama dengan serapan anggaran terbaik dari pada kabupaten/kota di Sultra lainnya pada 2018 lalu.

Atas kerja keras dan prestasinya itu, pria bergelar magister sains ini mendapat penghargaan Karya Satya Lencana Karya Satya dari Presiden RI Jokowi dan sebagai pegawai teladan dari pemerintah daerah (pemda) setempat. Dua penghargaan itu disematkan oleh Bupati Konut Ruksamin dalam peringatan HUT Konut ke-12 pada 2 Januari lalu 2019 lalu.

“Pak Marthen berhasil menunjukkan prestasinya meraih WDP dan WTP untuk pemerintah dan daerah, sehinga layak mendapat penghargaan bersama ASN lainnya,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Konut Supardi, saat diwawancarai belum lama ini.

Kategori peraih penghargaan Karya Satya Lencana itu secara keseluruhan berjumlah 11 orang dengan kategori masa kerja 10 sampai 30 tahun, dan berperestasi. Sedangkan untuk ASN teladan lingkup Pemda Konut sebanyak 26 orang.

“2019 langkah kita tetap menggunakan kriteria yang ada, dan teman-teman yang lain kami harap bisa memacu diri agar juga bisa jadi yang terbaik. Silahkan bekerja dengan baik sehingga tahun depan bisa dapat penghargaan yang sama,” tutur Supardi.

Di tempat terpisah, Marthen Minggu mengaku bersyukur atas penghargaan yang diberikan. Menurutnya, prestasi yang diraih tak lepas dari dukungan dan motivasi oleh Bupati dan Wakil Bupati Konut. Ia berterima kasih atas kerja sama seluruh ASN Konut dan yang terpenting doa masyarakat Konut sehingga daerah itu bisa terus berkembang.

Baginya, penghargaan itu merupakan tanggung jawab besar untuk terus mempertahankan nama baik daerah dan pemerintah. Selanjutnya, Minggu akan bekerja lebih maksimal untuk memperoleh hasil yang baik dan lebih maju lagi.

“Ini merupakan motivasi untuk kita semua untuk terus bekerja dan berbuat lebih baik lagi,” jelas Marthen. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib