Honda

Bawaslu Kolaka Ajak Pemilih Pemula Jadi Pengawas Partisipatif

Bawaslu Kolaka Ajak Pemilih Pemula Jadi Pengawas Partisipatif
BAWASLU SOSIALISASI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kolaka mengajak pemilih pemula menjadi pengawas partisipatif dalam proses pemilihan umum (pemilu). Bawaslu Kolaka menyasar pemilih pemula melalui porgram Bawaslu Goes to School yang digelar di SMK Negeri 1 Kolaka, Jumat (20/9/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengajak pemilih pemula menjadi pengawas partisipatif dalam proses pemilihan umum (pemilu).

Bawaslu Kolaka menyasar pemilih pemula melalui porgram Bawaslu Goes to School yang digelar di SMK Negeri 1 Kolaka, Jumat (20/9/2019).

Anggota Bawaslu Kolaka Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Iswanto mengatakan, sekalipun tahapan pemilu sudah selesai, tetapi kegiatan sosialisasi ini salah satu upaya untuk melibatkan dan mengikutsertakan pemilih pemula dalam melakukan pengawasan proses pemilu ke depan.

iklan zonasultra

“Masih ada beberapa tahun ke depan menuju pilkada serentak, kita memberikan pemahaman politik lebih dini,” jelasnya ditemui di SMK Negeri 1 Kolaka, Jumat (20/9/2019).

Dalam program tersebut, pihaknya memberikan wawasan pemahaman kelembagaan Bawaslu, cara melibatkan diri serta masyarakat dalam pengawasan, serta menginformasikan terkait peraturan dan cara penanganan pelanggaran.

“Ketika mereka mengetahui posisinya sebagai pemilih pemula serta mengetahui pelanggaran dan cara pelaporannya, kita harap mereka bisa membantu kerja Bawaslu,” tambahnya.

Kata dia, pemilih pemula yang terlibat dalam program ini sebanyak 75 orang pelajar SMK Negeri 1 Kolaka. Diharapkan, melalui kegiatan ini mereka bisa terlibat untuk ikut mengawasi proses pesta demokrasi nantinya. Termasuk, dapat dengan tegas menolak dan tidak menerima adanya politik uang serta berani melaporkan bila terjadi kecurangan.

Selain menggelar sosialisasi di SMK Negeri 1 Kolaka, program Bawaslu Kolaka mendatangi sekolah ini masih terus berlanjut di sekolah-sekolah lainnya. Tak hanya sebatas di tingkat pelajar, kegiatan ini juga bakal menyasar pemantau pemilu, komunitas, hingga perguruan tinggi di Kolaka. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib