iklan zonasultra

Bawaslu Sultra Usut Dugaan Pelanggaran Kunker Jokowi di Kendari

Kunker Jokowi di Kendari
JALAN SANTAI - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melepas belasan ribu masyarakat peserta jalan santai di lapangan SSDC eks MTQ Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (2/3/2019). (Foto : Dok/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengusut dugaan pelanggaran dalam agenda kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang juga calon presiden nomor urut 01 di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) selama dua hari, mulai 1 sampai 2 Maret 2019.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu menuturkan, pihaknya sore tadi (3/3/2019) telah mengumpulkan anggotanya di kantornya untuk mendalami adanya dugaan pelanggaran pemilihan umum (Pemilu) terkait kampanye Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 itu.

“Kami masih dalami semua adanya dugaan pelanggaran pemilu, terkait kampanye capres 01 kemarin. Tadi sore, kami sudah kumpulkan semua staf Bawaslu provinsi, ketua dan anggota Bawaslu Kota Kendari, dan seluruh Panwascam se-Kota Kendari,” ujar Hamiruddin Udu, dikonfirmasi Minggu (3/3/2019)

Dia menerangkan, ada sejumlah hal yang perlu didalami Bawaslu Sultra, termasuk mengumpulkan sejumlah informasi tambahan. Hasilnya, pihaknya nanti akan melakukan klarifikasi.

(BACA JUGA : Aba-aba Jalan Sehat, Jokowi Tak Sebut Angka 2)

“Sekiranya dilihat ada dugaan kuat ada pelanggaran pemilu maka akan ditindaklanjuti dengan proses hukum,” tukas Hamiruddin Udu.

Sebelumnya, Presiden RI ke 7 Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Kendari sejak Jumat 1 Maret sampai Sabtu 2 maret 2019 kemarin. Setidaknya, ada tiga agenda utama yang dilakoni mantan Gubernur DKI Jakarta itu, yakni acara jalan sehat di Lapangan SSDC eks MTQ atau kawasan Tugu Religi Sultra Sabtu (2/3/2019)

Di hari yang sama, Jokowi menyerahkan bantuan dana usaha Ultra Mikro (UMi) dari PNM dan Pengadaian kepada para pedagang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Kelurahan Sodohoa, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Selanjutnya, Mantan Wali Kota Solo itu membagikan sebanyak 2.010 sertifikat tanah kepada warga dari tiga Kabupaten, diantaranya Kota Kendari, Konawe dan Konawe Selatan di Gelanggang Olahraga Bahteramas, Jalan Saosao Kendari.

(BACA JUGA : Jokowi Bagikan 2.010 Sertifikat Tanah ke Warga Sultra)

Di sela-sela agenda itu, Jokowi menyempatkan diri menyambangi mengunjungi mall Lippo Plaza Kendari, Jumat malam (1/3/2019) beberapa jam usai mendarat di Kendari. Setelahnya, ia menyantap kopi di Warung Kopi Haji Anto 2.

Esok harinya, usai jalan sehat Jokowi juga berkunjung ke Pasar Sentral Kota Kendari di kawasan Kota Lama sebelum ke pasar TPI Kendari. Setelahnya, Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 itu, bertemu dengan Tim Kampanye Daerah (TKD) Sultra di Hotel Claro dalam dalam agenda rapat kerja daerah (Rakerda). (a)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib