iklan zonasultra

Belum Diumumkan, Nama-nama Cakada Usungan PDIP Sudah Beredar

Besok, PDIP Umumkan Empat Bakal Paslon di Pilkada Serentak Sultra, Berikut Nama-namanya
SPANDUK PENGUMUMAN - Spanduk yang bertuliskan pengumuman rekomendasi DPP PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Tenggara yang disebar melalui grup WhatsApp. Dalam spanduk itu ada foto empat bakal paslon kepala daerah yakni, pasangan Rusmin Abdul Gani - Senawan Silondae, pasangan LM Rusman Emba - Bachrun Labuta, pasangan Samsul Bahri Madjid - Andi Merya Nur, dan pasangan Amrullah - Andi Muh. Lutfi. (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan 75 nama pasangan calon kepala daerah (cakada) yang diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, pada Selasa (11/8/2020). Dari 75 daerah itu, empat di antaranya ada di Sultra, yakni Muna, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep), dan Kolaka Timur (Koltim).

Pengumuman ini merupakan gelombang ketiga setelah DPP PDIP mengumumkan 48 pasangan calon pada 19 Februari, dan 45 nama calon pada gelombang kedua 17 Juli. Pilkada 2020 digelar di 270 daerah, yang terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Meski belum diumumkan secara resmi oleh DPP, tapi nama-nama bakal paslon yang akan diusung oleh PDIP di pilkada empat daerah di Sultra itu telah beredar melalui spanduk yang bertuliskan pengumuman rekomendasi DPP PDI Perjuangan Provinsi Sulawesi Tenggara yang disebar melalui grup WhatsApp.

Dalam spanduk itu ada foto empat bakal paslon kepala daerah yakni pasangan Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae di Konsel, pasangan LM Rusman Emba – Bachrun Labuta di Muna, pasangan Samsul Bahri Madjid – Andi Merya Nur di Koltim, dan pasangan Amrullah – Andi Muh. Lutfi di Konkep. Kemudian di ujung kiri spanduk ada foto pengurus DPP PDIP Wiranti Sukamdani dan ujung kanan ada foto Ketua PDIP Sultra Lukman Abunawas.

Wakil Ketua Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan PDIP Sultra Agus Sanaa membenarkan, bahwa spanduk yang beredar dicetak oleh pengurus PDIP Sultra. Kata dia, nama-nama bakal paslon yang ada di spanduk itu merupakan nama yang direkomendasikan oleh DPP PDIP yang akan diumumkan besok.

“Benar, kalau sudah dicetak begini, tidak mungkin salah. Insyaallah, tunggu DPP mengumumkannya secara resmi pada Selasa besok,” kata Agus via pesan WhatsApp, Senin (10/8/2020).

Agus menambahkan, berdasarkan informasi yang dia dengar, pengumuman 75 calon kepala daerah tersebut akan dilakukan DPP melalui telekonferensi.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Muna La Ode Frebi Rifai membenarkan bahwa di Pilkada Muna, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu akan mengusung pasangan Rusman Emba-Bachrun Labuta.

“PDIP di Pilkada Muna mengusung petahana, Rusman Emba yang berpasangan dengan Bachrun Labuta. Itu sesuai tahapan ya, tapi secara resminya tunggu pengumuman DPP,” kata Frebi saat ditemui di Sekretariat DPRD Sultra, Senin (10/8/2020).

Sebelumnya, dari tujuh daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, PDIP telah mengumumkan calon usungannya di tiga daerah. Tiga daerah itu adalah adalah Butur untuk pasangan Abu Hasan-Suhuzu, Konut untuk pasangan Ruksamin-Abu Haera, dan di Wakatobi, PDIP mengeluarkan rekomendasi dukungan untuk pasangan Haliana-Ilmiati Daud. (A)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib