iklan zonasultra

Belum Setor RKP, Dana Desa Lipumangau Belum Cair

Laporan Belum Rampung, BPMD Konut Ancam Tidak Dicairkan Dana Desa
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, SAMPOLAWA – Meski Dana Desa (DD) sudah dikucurkan oleh Kementerian Keuangan ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) sejak beberapa bulan yang lalu, namun hingga saat ini Desa Lipumangau, Kecamatan Sampolawa rupanya masih belum menerima pengucuran dana tersebut.

Salah satu yang menghambat persyaratan pencairan dana desa ini dikarenakan penyusunan dokumen Rencana Kerja Pemerintahan Desanya (RKPDes) belum disetor.

Kepala Desa Lipumangau, La Joki membenarkan hal tersebut. Kata dia, RKP Desa Lipumangau hingga menjelang bulan ke empat ini masih dalan proses penyusunan.

“Jadi ini (RKPDes) memang yang menghambat pencairan. Saat ini (RKPDes) masih disusun oleh pembimbing desa,” ungkapnya saat ditemui di Kantornya, Kamis, 5 April 2018.

Pria yang sudah dua priode menjabat ini mengatakan, pihaknya sudah berupaya secepatnya mungkin menuntaskan persoalan tersebut. Hanya saja, penyusunan RKPDes memang membutuhkan waktu yang lama karena harus memuat Rencana pembiayaan setiap kegiatan di desa secara detail.

“Ini yang menyebabkan prosesnya perlu waktu lama. RKP Desa harus dibuat detil yang harus melibatkan segala pihak seperti konsultan,” jelasnya.

La Joki pun menegaskan, terhambatnya pencairan DD tersebut tidak akan menghambat serapan anggaran dan pembangunan di desa yang dipimpinnya. Sejauh ini pihaknya sudah mengantisipasi hal tersebut. (B/CR3)

 


Editor : Tahir Ose
iklan halo sultra 2018

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib