iklan zonasultra

Bennu Sorumba, Perias Artis Asal Kendari yang Taklukan Ibu Kota

Bennu Sorumba. (Foto : Instagram @bennusorumba)

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Adalah Bennu Sorumba, perias atau Makeup Artis (MUA) dari seorang pria asal Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang kini terkenal dan sukses menaklukkan ibu kota Jakarta. Dari deretan selebriti papan atas, penyanyi terkenal hingga ibu negara sudah pernah diriasnya.

Pria bernama lengkap Juanda Hasid Sorumba ini merupakan sosok tangguh dan tidak pernah menyerah meraih mimpinya. Dia lahir di Benua, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tanggal 6 Maret 1979. Memulai karirnya di dunia makeup sejak tahun 2000 silam. Terhitung sudah 19 tahun ia menekuni profesinya.

Melalui pesan WhatsApp kepada awak ZONASULTRA.COM, Jumat (9/8/2019) Bennu menceritakan perjuangannya hingga bisa menjadi seperti sekarang.

iklan zonasultra

Baca Juga : Fandi Hasib Terpilih Jadi Duta Bahasa Negara

“Awalnya tidak pernah terpikirkan untuk menjadi MUA, tapi setelah keliling cari kerjaaan di Jakarta dari menjadi OB, tukang creambat dan akhirnya menjadi assisten MUA sinetron dari situlah berawal aku jadi MUA,” ungkap Bennu Sorumba.

Pria lulusan SMK Negeri 3 Kendari ini menjelaskan begitu banyak pengalaman membuatnya sedih dan putus asa selama mengadu nasib di Jakarta, mulai dari komplain karena hasil makeupnya jelek, kemudian produk makeupnya dikatakan murahan dan selalu saja dibandingkan dengan hasil MUA lain.

Bennu Sorumba

Terkadang Bennu juga tidak mendapatkan job. Sehingga biaya makan dan bayar biaya kos pun tidak bisa, sehingga ia menumpang tinggal dengan teman. Suatu ketika karena ia pulang kerja tengah malam dan tidak ada yang membukakan pintu terpaksa harus tidur di teras rumah.

“Balik kerja, tengah malam jadi gak ada yang bukainn pintu, ga enak jadi tau diri, ini kejadiannya awal-awal karir saya tahun 2004-2005,” imbuhnya.

Bennu Sorumba, Perias Artis Asal Kendari yang Taklukan Ibu Kota
Bennu Sorumba merias Ibu Presiden Iriana Jokowi

Berada di posisi ini, terbesit di benaknya untuk berhenti dan pulang kampung saja. Namun karena doa dan menguatkan hati untuk tetap semangat ia terus memacu dirinya menjadi lebih baik.

“Kuatin hati biar tetep semangat, dari semangatin diri sendiri, tapi keluarga tidak pernah tahu kesusahannya saya ini. Dan aku selalu minta doa dari ibu aku,” ujarnya.

Sampai pada akhirnya, buah dari kesabaran dan keteguhan hati Bennu muncul. Dia mulai dikenal, dan jasanya banyak digunakan selebriti hingga Ibu Presiden Iriana Jokowi.

Pria yang bercita-cita menjadi seorang aktor ini menyebutkan deretan artis yang pertama kali ia rias seperti, Peggy Melati Sukma, Memes, Sarah Azhari, Elma Theana dan Rossa.

Bennu Sorumba, Perias Artis Asal Kendari yang Taklukan Ibu Kota

Belum lama ini, Bennu juga menjadi MUA sejumlah artis dan anak presiden Jokowi dalam acara pernikahan mereka. Sebut saja Syahrini, Iris Bella, Tyas Mirasih, Vicky Shu, Tasya Farasya, Kahiyang Ayu dan Tania Adira.

Sementara selebriti lain yang pernah menggunakan tangan ajaib nya adalah Manohara, Citra Kirana, Krisdayanti, Ririn Ekawati, Soimah, Ivan Gunawan, Ashanty, Aurel Hermansyah, Laudya Cintia Bella dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Veteran Pejuang Kemerdekan Asal Sultra Alwi Mansyur Wafat

“Bisa merias mereka semuanya tentu sangat berkesan, tapi momen yang tak terlupakan makeupin Ibu Iriana Jokowi dan Kahiyang saat jadi model buat buku aku berjudul Sleeping Beauty tahun 2018 kemarin,” katanya.

Bennu bercerita kenapa sampai bisa merias wajah Iriana Jokowi padahal tata rias kepresidenan sudah ada. Ini bermula ketika ia berkenalan dengan Kahiyang saat menjadi model dari Bennu Sorumba.

Akhirnya perkenalan mereka membuat keduanya akrab menjadi sahabat, sosok Kahiyang pun yang mempromosikan Bennu Sorumba untuk membuat trial makeup bersama Iriana Jokowi. Karena, hasilnya disukai ibu negara.

Ia pun sudah beberapa kali merias ibu presiden untuk menghadiri beberapa event spesial.

“Impian saya yang belum tercapai itu, pengen makeupin beyonce,” ujarnya sambil berkelakar.

Tahun 2004 silam, anak bungsu dari lima bersaudara ini pernah merias wajah anak Mantan Wali Kota Kendari, Mansyur Masie Abunawas yakni Kendari Olivia Abunawas saat melangsungkan pernikahan dengan bayaran fantastis pertama kalinya yakni Rp10 juta.

Terlepas dari kesuksesannya saat ini, sosok ibunya yang bernama Jamalla menjadi penyemangat hidup Bennu semenjak ayahnya meninggal dunia ketika dia masih berusia 6 bulan.

Bennu Sorumba, Perias Artis Asal Kendari yang Taklukan Ibu Kota

“Saat aku mau merantau ke Jakarta, ibuku cuman titip pesan solat jangan ditinggal dan tidak boleh mencuri,” ungkap pria berumur 40 tahun ini.

Baca Juga : Yati Lukman Abunawas, Pernah Buka Usaha Potong Rambut Hingga Jadi Legislator Sultra

Kepada generasi muda Sultra, Bennu berpesan bahwa untuk mengejar mimpi di kota besar dan menaklukan Jakarta ataupun kota lainnya dibutuhkan proses yang tidak mudah.

Pertama, tidak boleh memilih-milih kerja, baiknya lakukan kerjaan apa saja selama itu halal. Kedua, menanamkan jiwa kerja keras dan tidak luput ibadah, berdoa. Karena suatu saat Allah SWT akan mengambulkan doa umat-Nya.

“Allah akan mendengarkan salah satu doa kita selamaa ini, yang penting ikhlas, tulus dan jangan pernah dengerin kata orang-orang yang hanya membuat kamu patah semangat,” pungkasnya. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib