Benteng Lipu Kulisusu Butur Masuk Nominasi API Awards 2020

867
Benteng Lipu Kulisusu Butur Masuk Nominasi API Awards 2020
Benteng Lipu Kulisusu Buton Utara

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Benteng Lipu Kulisusu masuk dalam Nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards 2020 untuk kategori situs sejarah. Bersaing dengan situs sejarah lannya yang ada di 10 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Situs ini terletak di Desa Wasalabose, Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara. Benteng Lipu Kulisusu berdiri kokoh dari susunan batu kapur dengan tinggi tembok mencapai 4 meter. Dibangun 600 meter di atas permukaan laut dengan luas areal 12,9 hektar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur Harlin Hari mengatakan, informasi nominasi tersebut berdasarkan surat panitia penyelenggara tentang daftar nominasi API pada 1 Juli 2020 kepada para kepala dinas pariwisata provinsi dan kbupaten/kota seluruh Indonesia.

“Pada nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2020, Butur masuk dalam kategori situs sejarah sehingga kita masukkan Benteng Kulisusu dan kita masih nominasi teratas. Kita akan bersaing dengan 10 kabupaten/kota seluruh Indonesia,” ujar Harlin, ditemui di kantornya, Senin (27/7/2020).

Ia menambahkan, pihaknya saat ini sementara menyusun konsep pengambilan dokumentasi berupa video dan foto. Direncanakan waktu pengambilan pada saat Hari Raya Iduladha. Selanjutnya kata Harlin, akan dikirim ke panitia API pusat yang nantinya dinilai melalui voting SMS dan Instagram.

Voting tersebut, kata dia, akan dimulai pada 1 Agustus sampai 31 Desember. Puncak acara dilaksanakan Februari 2021 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Berikut daftar kabupaten/kota yang bersaing dalam ajang tersebut untuk kategori situs sejarah berdasarkan nominasi teratas. Benteng Lipu Kulisusu (Kabupaten Buton Utara), Fort Rotterdam (Makassar), Istana Alwatzikoebillah (Kabupaten Sambas), Istana Damnah (Kabupaten Lingga).

Kemudian KawasanKota Tua (Jakarta), Liang Bua Riteng (Kabupaten Manggarai), Museum Timah (Kota Pangkal Pinang), Situs Muara Kaman (Kabupaten Kutai Kartanegara), Taman Tirta Gangga (Kabupaten Karang Asem), dan Tugu RRI Rimba Raya (Kabupaten Bener Meriah). (b)

 


Penulis: M5
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini