iklan zonasultra

iklan zonasultra

Berhasil Integrasi Program JKN KIS, Pemkab Bombana Terima Penghargaan Mendagri

Berhasil Integrasi Program JKN KIS, Pemkab Bombana Terima Penghargaan Mendagri
PENGHARGAAN - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyerahkan piala UHC JKN-KIS Award ke Wakil Bupati Bombana, Johan Salim di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Rabu (23/5/2018) sore tadi. (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyerahkan piala Award Universal Health Coverage (UHC) Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) untuk Pemerintah Kabupaten Bombana di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan Pemkab Bombana dalam mengintegrasikan program JKN-KIS hingga melebihi 95 persen, dengan capaian 96,4 persen kartu yang terintegrasi ke seluruh masyarakat Bombana.

Award tersebut diterima langsung oleh Wakil Bupati Bombana, Johan Salim. Tentu hal ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Pemkab Bombana yang telah mengedepankan aspek kesehatan masyarakat.

Johan Salm mengatakan, keseriusan Pemkab Bombana dalam meningkatkan aspek kesehatan masyarakat melalui JKN-KIS saat ini menjadi skala prioritas dan membuahkan hasil yang maksimal.. Kata dia, Peningkatan mutu kesehatan masyarakat melalui jaminan kesehatan telah termaktub dalam program Pembangunan daerah yang ada dalam visi misi pimpinan daerah. Yakni melalui program Gerakan Membangun Daerah Dengan Ridho Allah SWT (GEMBIRA)

Kepala Dinas Kesehatan Bombana, dr. Sunandar menyampaikan, Pemkab Bombana menerima langsung penghargaan tersebut dari tangan Mendagri atas kegigihan dalam mengalihkan program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) ke program JKN-KIS melalui BPJS cabang Bombana.

“Tahun ini, Prmkab Bombana mampu meraih target lebih dari yang kita bayangkan. Dari 95 persen yang ditargetkan, kita malah bisa meraih angka nyaris 100 persen yakni 96,4 persen untuk standar UHC JKN-KIS,” ungkap Sunandar melalui Via Whatsapp.
Rabu (23/5/2018) malam.

Lanjut Sunandar, Pemkab Bombana menjadi salah satu dari empat Kabupaten/Kota di Sultra yang mendapat penghargaan tersebut dari jumlah 17 Kabupate/Kota se- Sultra. Empat Kabupaten tersebut yakni Kabupaten Bombana, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe Kepulauan dan Kabupaten Konawe Utara

Empat Kabupaten ini ini pula merupakan bagian dari 122 Kabupaten/Kota se- Indonesia dan empat Provinsi.

Sementara, Kepala Kantor BPJS Cabang Bombana, Muhammad Ayub mengatakan, Pemkab Bombana wajar mendapatkan penghargaan tersebut karena kegigihan dari Bupati Bombana, Tafdil dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah itu.

“Saya sudah prediksi sebelumnya, sebab, untuk peserta terbanyak dalam perekrutan kartu JKN-KIS terdapat pada Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD Kabupaten untuk JKN- KIS yang mencapai 22. 331 peserta yang dialihkan dari Jamkesda,” ucap Ayub.

Berkat kerjasama tersebut, jumlah kepesertaan terus memuncak dan mencapai lebih dari target yang ada.

“Kami berharap melalui kerjasama ini, seluruh masyarakat dari seluruh segmen di daerah ini dapat terdaftar dalam kepesertaan JKN-KIS,” tutupnya. (B)

 


Reporter : Muhammad Jamil
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib