iklan zonasultra

Beri Kenyamanan Masyarakat, PT KMS 27 Dirikan PJU Tenaga Surya

Beri Kenyamanan Masyarakat, PT KMS 27 Dirikan PJU Tenaga Surya
PEMASANGAN PJU - Tim PT KMS 27 tengah memasang tiang lampu PJU tenaga surya di mesjid puusuli, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). (Jefri/ZONASULTRA.COM)

Beri Kenyamanan Masyarakat, PT KMS 27 Dirikan PJU Tenaga Surya PEMASANGAN PJU – Tim PT KMS 27 tengah memasang tiang lampu PJU tenaga surya di mesjid puusuli, Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra). (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Masyarakat di Kecamatan Molawe, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), patut bersyukur dengan kehadiran PT Karya Murni Sejati (KMS) 27. Sebab, tak lama lagi jalan-jalan di Kecamatan Molawe akan terang benderang.

Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan biji nikel ini, tengah mendirikan penerangan jalan umum (PJU) dari tenaga surya yang akan ditempatkan di wilayah Molawe. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan masyarakat penggunan jalan dalam bepergian dan mengurangi angka kriminalitas.

PJU tenaga surya ini dirancang dengan menggunakan tiang besi setinggi 20 meter dilengkapi lampu berkapasitas 10 ribu watt dan mesin tenaga surya sebagai pengatur lampu secara otomatis. Lampu tersebut menyala dengan tenggang waktu 12 jam.

Humas PT KMS 27, Amir mengatakan, saat ini pihaknya telah memasang empat tiang PJU di empat titik antara lain, jalan poros umum Desa Mandiodo, Kecamatan Molawe, Masjid Desa Puusuli Kecamatan Andowia, Masjid Mandiodo dan pertigaan jalan antar Desa Mowundo dan Mandiodo. Adapun anggaran yang dikeluarkan untuk membiayai PJU itu sebesar Rp 240 juta.

Tak hanya itu, pihak perusahaan juga telah membukan jalan penghubung antara Kecamatan Andowia dan Molawe serta wilayah Desa Puusuli dengan panjang 3 kilometer.

“Upaya kami adalah memberikan kenyamanan kepada masyarakat baik itu pejalan kaki maupun penggunan kendaraan biar aman dan nyaman. Soalnya jalan di sekitar Desa Mandiodo yang menghubungkan ke Desa Mowundo dan Tapu Emea sangat gelap dan jalannya rusak. Kalau terang kan pengguna jalan tidak ragu untuk lewat biar malam,” kata Amir ditemui usai memasang PJU di Mesjid Puusuli, Rabu (15/11/2017).

Ditambahkan, selain menjalankan program fasilitas desa, perusahaan yang dipimpin oleh Soni Wicak Sono selaku direktur PT KMS 27 juga memberikan lapangan kerja kepada 60 warga setempat.

“Jalan penghubung kecamatan itu sejak dari 2013 lalu sudah kami buka. Harapan kami dengan kehadirian PT KMS 27 di tengah-tengah masyarakat Konut bisa memberikan manfaat yang baik, kami juga akan terus berikan bantuan secara bertahap,” tukasnya. (B)

 

Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib