iklan zonasultra

Berikut 10 Prodi Favorit UHO Pada Jalur SNMPTN 2020

UHO Jadi PTN Penerima Bidikmisi dan Siswa Terbanyak Lewat Jalur SNMPTN
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Universitas Halu Oleo (UHO) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) pada Rabu 8 April 2020 siang, dengan meloloskan Calon Mahasiswa Baru sebanyak 2153. Bersamaan dengan itu, pihak kampus merilis Prodi dengan peminat terbanyak.

Wakil Rektor I UHO Kendari, La Hamimu memaparkan, terdapat 10 Prodi dengan tingkat selektifitas yang paling tinggi pada pendaftaran SNMPTN UHO 2020 ini, yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Teknik Informatika, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Manajemen, Farmasi, Ilmu Komputer, Teknik Pertambangan, Akutansi dan pendidikan Matematika.

Iklan Zonasultra

“Dari tahun ke tahun, 10 prodi ini memang sering menjadi jurusan dengan tingkat persaingan yang tinggi,” kata Hamimu kepada awak media, Sabtu, (11/4/2020)
PGSD dan TI Menjadi Prodi Favorit di SNMPTN UHO

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) S1 dari Program Studi (Prodi) soshum atau IPS dan Teknik Informatika dari Prodi saintek atau IPA Universitas Halu Oleo (UHO) menjadi dua Prodi yang memiliki tingkat persaingan paling ketat dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020.

“Dua Prodi ini memiliki tingkat persaingan paling ketat jika dibandingkan dengan Prodi lainya yang ada di UHO. Bahkan tingkat keketatan dari dua jurusan ini seimbang yakni sebesar 0,06 persen,” ungkapnya.

Hamimu menjelaskan keketatan prodi diukur dari banyaknya siswa yang berminat dengan jumlah kuota yang disediakan. Itu artinya, semakin kecil nilai persentase keketatan, maka semakin besar persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut. Untuk itu, siswa yang berhasil lolos ke jurusan dengan keketatan tertinggi dianggap memiliki daya saing yang baik. “Persentasi calon mahasiswa bisa diterima pada dua jurusan ini hanya 0.06 persen,” terangnya.

Selain dua jurusan tersebut, Pendidikan Dokter dan Teknik Sipil menjadi Prodi yang paling banyak peminat dengan persentasi keketatan sebesar 0,07 persen, disusul Manajemen dan Farmasi masing-masing sebesar 0.12 persen, Ilmu Komputer 0,13 persen, Teknik Pertambangan 0,16 persen, Akutansi 0,17 persen dan Prodi Pendidikan Matematika sebesar 0,18 persen.

“Prodi ini memang memang merupakan jurusan paling favorit di setiap pendaftaran Maba baik melalui jalur SNMPTN maupun SBMPTN,” ujarnya.

Berdasarkan hasil pengumuman SNMPTN tahun 2020, UHO menerima 2.153 calon mahasiswa baru dari total pendaftar sebanyak 4.983 orang menggunakan jalur undangan ini. “Bagi peserta yang sudah berhasil masuk di UHO melalui jalur SNMPTN ini, selanjutnya akan melakukan pendaftaran ulang. Untuk menkanisme pendaftaran ulangnya, masih sementara disusun oleh universitas dengan mempertimbangkan situasi saat ini,” pungkasnya. (b)

 


Penulis: M1
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib