iklan zonasultra

iklan zonasultra

Berikut Tips Mudik Sehat Ala Kadinkes Kota Kendari

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum
Rahminingrum

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Menjelang lebaran atau hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi untuk melaksanakan mudik. Ratusan bahkan jutaan masyarakat perantauan berbondong-bondong kembali ke tanah kelahiran untuk bersua sanak family yang sudah lama tidak bertemu.

Pada umumnya pemudik melalui perjalanan yang panjang untuk sampai tujuan sehingga faktor keamanan dalam berkendara perlu menjadi perhatian penting, tentunya dalam kesehatan dan keselamatan untuk berkendara nanti.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam mudik ini. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum berbagi tips mudik sehat dan aman untuk Anda.

Rahminingrum mengatakan, kunci utama dalam mudik adalah kesiapan kendaraan, kesehatan pengemudi dan diimbangi makanan yang sehat saat dikonsumsi.

“Yang pertama kendaraan harus dichek terlebih dahulu atau diservice, bahan bakar cukup dan bagi pemudik yang membawa mobil sediakan ban serep,” kata Rahminingrum saat dihubungi zonasultra.com, Minggu (10/6/2018).

Dikatakan, pengemudi harus dalam keadaan sehat dan bugar, mengetahui dan menguasai jalur yang dilalui serta membawa bekal yang cukup. Jika memutuskan untuk membeli makanan harus yang bersih dan sehat.

“Mudik dari sisi kesehatan yang penting cukup istrahat. Jangan memaksakan mudik jika dalam keadaan sakit dan tidak maksimal kondisi kesehatannya,” jelasnya.

(Baca Juga : Berikut Tips Mudik dengan Pesawat)

Menurutnya, kriteria sehat dan bugar adalah sehat dalam keadaan yang sempurna yakni sehat fisik, mental maupun sosial.

“Artinya bagi masyarakat yang melakukan mudik harus menyiapkan fisik yang sehat dan prima, tidak meminum obat yang menyebabkan kantuk, nikmati perjalanan serta istrahat bila lelah dan mengantuk, kemudian jangan paksakan mengemudi bila lelah dan mengantuk,” pintanya. (B)

 


Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib