iklan zonasultra

Berkunjung ke Festival Nambo, Delegasi HPS Asal Armenia Kepincut Tarian Lulo

Berkunjung ke Festival Nambo, Delegasi HPS Asal Armenia Kepincut Tarian Lulo
TARIAN LULO - Salah satu peserta Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019 asal Armenia, Lilit Sargsyam (baju putih) saat mengikuti tarian Lulo. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Salah satu peserta Hari Pangan Sedunia (HPS) 2019 asal Armenia, Lilit Sargsyam menyempatkan diri turut menghadiri acara Festival Nambo 2019. Dalam kesempatan itu, Lilit yang melihat serunya masyarakat yang tengah menampilkan tarian Molulo mengaku tertarik dengan tarian yang dilakukan secara beramai-ramai tersebut.

Tak menyia-nyiakan ketertarikan sang tamu tersebut, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir bersama Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan lalu mempersilahkan Lilit untuk ikut menarikan Molulo bersama.

Baca Juga : Festival Nambo, Pamerkan Kearifan Lokal Kota Kendari

iklan zonasultra

Berdasarkan pantauan awak Zonasultra.com, Ketua DPRD Kota Kendari terlihat telaten mengajarkan Lilit yang masih begitu asing dengan tarian tersebut. Meski masih tak begitu fasih, Lilit secara perlahan terlihat menikmati tarian tradisional tersebut, meski ia harus tertarik ke sana-kesini karena belum terbiasa.

Subhan mengungkapkan, setelah berbincang dengan delegasi asal Armenia tersebut, mereka mengaku penasaran dan menginginkan tidak hanya melihat tapi juga bisa merasakan bagaimana menarikan tarian tersebut.

“Saya sampaikan tadi sebenarnya kalau 1-2 menit belajar pasti sudah bisa. Tadi mereka bilang katanya akan belajar menari tarian lulo dan akan menjadikan tari lulo sebagai salah satu pembelajaran mereka,” kata Subhan, ditemui di lokasi Festival Nambo, Minggu (3/11/2019).

Sementara itu, Wali Kota Kendari Sulkarnain mengungkapkan berdasarkan pengakuan sang tamu, mereka mengaku antusias melihat tarian khas yang simpel ini. Menurut mereka, tarian ini sangat layak untuk ditampilkan di tingkat dunia.

Baca Juga : Kain Tenun Tolaki Jadi Buruan Pendatang di Pameran HPS

“Kebetulan tadi mereka mengaku sangat exicted (antusias) melihat tarian lulo.Yang jelas kita kan mengupayakan festival nambo ini bersamaan dengan HPS kan biar menjadi alternatif acara delegasi nasional maupun internasional. Jadi ini juga kesempatan kita menunjukakan apa yang kita punya kepada daerah lain, baik nasional maupun internasional,” kata Sulkarnain.

Untuk diketahui, Festival Nambo sendiri sudah secara resmi dibuka pada Minggu (3/11/2019) pagi tadi, dan akan berlangsung hingga Senin (4/11/2019) besok. Ajang tahunan ini juga menyediakan berbagai pertunjukan menarik mulai dari tradisional maupun modern, hingga beragam lomba-lomba menarik lainnya. (a)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib