Berupaya Berantas Buta Aksara, Dikmudora Kendari Dorong Warga Gemar Membaca

Sartini Sarita
Sartini Sarita

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari terus melakukan upaya untuk memberantas buta aksara di tengah masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, Sartini Sarita mengungkapkan, dalam upaya pemberantasan buta aksara, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat agar gemar membaca, bahkan hingga dijadikan sebagai hobi.

“Tentunya kita selalu berupaya membebaskan masyarakat dari buta aksara,” kata Sartini, Kamis (18/1/2018).

Ia menjelaskan, menguasai aksara merupakan langkah penting untuk mewujudkan seluruh masyarakat Kota Kendari menjadi manusia pembelajar. Dengan melek aksara, maka setiap warga mempunyai kesempatan yang lebih luas untuk mengembangkan kemampuan dirinya.

“Marilah kita terus berupaya membudayakan membaca di semua usia. Dengan motivasi ingin membaca, maka gerakan memberantas buta aksara bisa lebih cepat tercapai dan tentunya positif untuk mendorong pelaksanaan program-program pembangunan lainnya,” ujarnya.

Guna mempercepat gerakan tersebut, pihaknya juga terus berupaya membenahi tempat membaca buku, utamanya perpustakaan sekolah sebagai gudang ilmu, sumber pengetahuan dan sumber belajar bagi anak-anak agar masa depannya menjadi pribadi yang baik dan mempunyai wawasan yang luas.

“Saya berharap, dengan adanya gemar membaca maka seseorang akan termotivasi menguasai aksara dan pada tahap selanjutnya akan tumbuh kemampuan multi aksara yang berkembang menjadi kemampuan untuk mencari, memperoleh, menguasai dan mengelola segala bentuk informasi yang diterimanya,” tutupnya. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib