iklan zonasultra

Besok, Bangkai Paus Akan Dibakar di Pesisir Rumbia

Paus Sperma Raksasa Ditemukan Warga Terdampar di Pantai Bombana
TERDAMPAR - Paus sperma raksasa, yang ditemukan warga terdampar di bibir pantai Tamobatu, Kecamatan Rumbia Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (1/2/2018). (Foto: Akun Facebook Yustii)

ZONASULTRA. COM, RUMBIA – Bangkai Paus Sperma yang terdampar di pesisir Rumbia, Kelurahan Tompo Batu, Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Rabu (1/2/2048) lalu akan dibakar esok hari, Sabtu (3/2/2018).

Besok, Bangkai Paus Akan Dibakar di Pesisir RumbiaPembakaran mamalia raksasa ini sesuai kesepakatan antara satuan Kerja (Satker) Balai Pengelola Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Kendari, dan Pemda Bombana pada Jumat (2/2/2018).

“Kami sudah sepakat dengan Pemda Bombana terkait evakuasi ikan Paus ini. Jadi besok pagi kami berkumpul pukul 05.00, di sana untuk melakukan penghancurang bangkai dan dibakar, ” kata Jufri di Rumbia, Jumat (2/2/2018).

(Baca Juga : Paus Sperma Raksasa Ditemukan Warga Terdampar di Pantai Bombana)

Rencana awal pihaknya memutuskan untuk menguburkan Paus tersebut. Namun, bangkainya diperkirakan tetap membusuk dan mencemari ekosistem laut.

“Intinya, besok pagi kita tangani,” tandasnya.

Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Kabupaten Bombana, Sarif menyampaikan bahwa Paus Raksasa ini akan dibakar di lokasi terdampar. Dia khawatir jika dibakar di atas jam 6 pagi air laut kembali pasang.

(Baca Juga : BMKG: Paus di Bombana Terjebak Surut Maksimum)

” Kami akan bakar saja, karena ikannya susah diangkat ke daratan. Kalau tetap di laut , maka tetap akan membusuk. Tadi, sudah diupayakan juga pakai alat berat Exvator tapi tetap tidak bisa,” pungkasnya. (B)

 


Reporter : Muhammad Jamil
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib