iklan zonasultra

Besok, Ratusan Sapi Kurban di Kolaka Dipotong untuk Perayaan Iduladha

Ilustrasi sapi kurban
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Ratusan ekor hewan terdiri dari sapi dan kambing di wilayah kabupaten Kolaka telah siap untuk dikurbankan jelang perayaan hari raya Iduladha 1440 Hijriah pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Kabag Kesra Setda Kolaka, Andi Wahidah, mengatakan berdasarkan data Pengurus Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kolaka, setidaknya ada sekitar 154 ekor sapi dan 12 ekor kambing siap dipotong. Jumlah tersebut tersebar di masjid-masjid di Kecamatan Kolaka dan Latambaga.

“Ada juga dari kecamatan lainnya, termasuk dari Kecamatan Wundulako ada sekitar 41 ekor sapi,” jelas Andi Wahidah di Kolaka, Sabtu (10/8/2019).

iklan zonasultra

Hewan kurban tersebut berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan masyarakat mampu lainnya, yang disumbangkan langsung ke masjid-masjid di wilayah Bumi Mekongga. Mengingat, Pemda Kolaka tidak dan menjadi panitia hewan kurban.

Baca Juga : Ini Tujuan dan Hal yang Bisa Mengugurkan Pahala Kurban

“Jadi masing-masing dinas menyerahkan langsung ke masjid-masjid. Tidak kita manage, selama ini memang begitu. Mudah-mudahan tahun depan, bisa disetor dulu ke pemda untuk kemudian disalurkan,” sambungnya.

Menurutnya, hal inilah yang menyebabkan hewan kurban menjadi menumpuk di dua kecamatan yakni Latambaga dan Kolaka. Olehnya itu, pemda hanya bisa mengimbau agar panitia kurban untuk bisa menyalurkan ke wilayah lainnya yang terdapat masyarakat miskin.

Perihal pemeriksaan kesehatan hewan ternak yang akan dikurbankan, kata Wahidah, telah dilakukan oleh tim dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolaka. Sehingga, hewan-hewan tersebut hanya menunggu waktu untuk dipotong pada hari raya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Sekretaris Umum PHBI Kolaka, Syaifuddin Mustaming bahwa bagi masjid, lembaga, dan wilayah yang jumlah hewan kurbannya banyak (berkelebihan) diimbau untuk mendistribusikannya ke wilayah tertentu yang sangat terbatas atau tidak memiliki hewan kurban. (b)

 


Kontributor Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib