iklan zonasultra

Bhabinkamtibmas di Konsel Bakal Diberi Pelatihan Tentang Pemanfaatan Dana Desa

AKBP Hamka Mappaita
AKBP Hamka Mappaita

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Anggota Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diberi pelatihan tetang tata cara pemanfaatan dan pertanggungjawaban dana desa (DD).

AKBP Hamka Mappaita
AKBP Hamka Mappaita

Hal ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Mendagri Tjahjo Kumolo, dan Kemendes PDTT Eko Sandjojo tentang pencegahan, pengawasan, penanganan dan permasalahan dana desa beberapa waktu lalu.

Kapolres Konsel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hamka Mappaita mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Bupati Konsel Surunuddin Dangga dan dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (DPMD) setempat untuk segera melakukan kegiatan tersebut.

“Saya sudah berkomunikasi dengan pak bupati, responnya Alhamdulillah cukup baik. Beliau berjanji akan mengumpulkan camat, kepala desa, kapolsek, dan seluruh bhabinkamtibmas untuk kita tindak lanjuti perjanjian MoU ini supaya nanti pengawasan dan penggunaan dana desa bisa betul-betul sampai dan dirasakan masyarakat,” kata Hamka di kantornya, Senin (13/11/2017).

“Kan jelas Kapolri menyampaikan bahwa polisi harus terus hadir di tengah-tengah masyarakat memberikan pemahaman bahwa dana desa itu untuk masyarakat bukan dana kepala desa,” ujarnya.

Meski begitu, mantan Kasat Lantas Polrestabes Makassar ini mengatakan belum mengetahui pasti kapan kegiatan itu akan dilaksanakan karena sejauh ini pemda belum menindaklanjuti usulan Kapolres.

“Insyaallah dalam waktu dekat kita akan laksanakan di DPMD. Kita akan berkumpul, di situ nanti akan diberikan secara teknis seperti ini mengalirnya dana desa jadi nanti para bhabinkamtibmas kita akan mengerti bahwa seperti ini alurnya pemanfaatan DD,” jelasnya.

Hamka menambahkan, hingga sejauh ini belum ada laporan yang masuk mengenai kasus dana desa di Polres Konsel. (B)

 

Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib