iklan zonasultra

BI Karantina Uang Sebelum Didistribusikan ke Masyarakat

ilustrasi uang
ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Bank Indonesia (BI) mengambil langkah cepat untuk mengatasi penyebarluasan virus corona atau Covid-19 melalui uang kertas dan logam setelah awal Maret 2020. Hal itu sesuai pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yang telah memperingatkan bahwa uang tunai dapat berkontribusi dalam penyebaran virus tersebut.

Untuk meminimalisir hal tersebut, BI telah menetapkan langkah untuk memperkecil kemungkinan uang rupiah yang didistribusikan membawa virus tersebut.

Baca Juga : PAPDI Sultra: Karantina Diri Sendiri Cara Ampuh Hindari Virus Corona

iklan zonasultra

Melalui siaran persnya, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, uang rupiah yang didistribusikan telah melalui proses pengolahan khusus guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Secara rinci dijelaskan bahwa, langkah awal adalah dengan melakukan karantina selama 14 hari terhadap setoran uang yang diterima dari perbankan atau penyelenggara jasa pengolahan uang rupiah (PJPUR). Proses karantina dilanjutkan dengan proses penyemprotan disinfektan sebelum dilakukan pengolahan dan didistribusikan kembali ke masyarakat.

Kemudian, memperkuat higienitas dari sumber daya manusia (SDM) dan perangkat yang digunakan dalam pengolahan uang rupiah tersebut. Selanjutnya, melakukan koordinasi dengan perbankan/PJPUR untuk menerapkan langkah dalam pengolahan uang rupiah dengan memperhatikan aspek K3 (keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja) baik dari sisi SDM maupun perangkat pengolahan rupiah.

BI Sultra sendiri dalam sehari menyalurkan kurang lebih Rp300 miliar uang untuk masyarakat melalui perbankan. Penyalurannya lewat jalur darat, laut dan udara.

Sementara itu, sejumlah perbankan yang ada di Kota Kendari juga telah melakukan instruksi tersebut dengan meningkatkan pengawasan dan kebersihan area pebankan.

Pimpinan BNI Syariah Cabang Kendari Muhammad Hatta mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada seluruh pegawai mengenai kondisi Covid-19 dan antisipasi cabang apabila ada kejadian suspect corona ke nasabah maupun pegawai.

Baca Juga : Atasi Virus Corona, 45 Anggota DPRD Sultra Karantina Diri

BNI Syariah juga memasang cairan anti septik untuk nasabah dan pegawai. Hal lain yang dilakukan, penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan kantor, pembagian masker ke seluruh pegawai, pemberian vitamin serta imbauan untuk untuk peduli akan kondisi penyebaran cov#id-19.

Sama dengan BNI Syariah Kendari, manajemen Bank Muamalat Kendari, BNI Kendari dan Bank Mandiri Kendari juga telah melakukan hal yang sama untuk meminimalisir penyebaran virus corona. Apalagi bank merupakan kawasan publik yang banyak dikunjungi masyarakat. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib