iklan zonasultra

BKIPM: Ikan di Kolaka Aman untuk Dikonsumsi

Kepala Penanggung Jawab BKIPM Kolaka, Zainuddin
Zainuddin

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kolaka memastikan ikan yang diperjualbelikan di sejumlah pasar tradisional di Kolaka bebas dari bahan kimia berbahaya dan pengawet lainnya.

Kepala Penanggung Jawab BKIPM Kolaka, Zainuddin mengatakan sampai saat ini ikan yang beredar di Kabupaten Kolaka masih aman dan layak untuk konsumsi. Dalam memastikan kelayakan ikan tersebut, pihaknya telah melaksanakan kegiatan monitoring di beberapa pasar tradisional.

“Dalam setahun kami melakukan monitoring sebanyak dua kali untuk memastikan masyarakat Kolaka aman mengkonsumsi ikan segar maupun ikan kering,” ujarnya saat ditemui di Kantor BKIPM Kolaka, Jumat (12/7/2019).

iklan zonasultra

Ia menjelaskan, sejauh ini monitoring yang dilakukan BKIPM Kolaka tidak satu pun menemukan kandungan zat berbahaya, seperti bahan pengawet ataupun sejenisnya dalam tubuh ikan. Jenis-jenis ikan yang ada di Kolaka masih segar, didatangkan dari Kendari dan Bombana.

Baca Juga : Hindari Pengawet Ikan Berbahaya, BKIPM Baubau Sidak Pasar Wameo

Kendati demikian, BKIPM Kolaka terus melakukan sosialisasi kepada nelayan dan pedagang di Kolaka agar menjaga kehigienisan produk dan tidak menggunakan bahan berbahaya untuk mengawetkan ikan.

Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk mengenali ciri ikan segar dan mengandung bakteri serta teliti dalam memilih ikan yang akan dikonsumsi. Katanya, secara kasat mata pun masyarakat bisa membedakan ikan yang masih segar dan tidak layak konsumsi.

“Kita bisa pegang ikannya, kalau dagingnya tidak kembali seperti semula bisa saja ikan tersebut sudah terkontaminasi zat berbahaya,” pungkasnya. (B)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib