iklan zonasultra

iklan zonasultra

BMH Tembus Medan Sulit Salurkan Bantuan Korban Banjir Konut

BMH Tembus Medan Sulit Salurkan Bantuan Korban Banjir Konut
SALURKAN BANTUAN - Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengantarkan bantuan untuk korban banjir ke Desa Polora, Kecamatan Linggikima, Konawe Utara (Konut) Kamis (24/5/2018). Pengantaran bantuan itu harus lewat sampan. (Foto: BMH Sultra)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Konawe Utara (Konut) pada Kamis (24/5/2018) kemarin. Beberapa daerah di Konut masih terisolir dan rusak parah akibat banjir.

Bantuan diberikan kepada warga Desa Polora, Kecamatan Langgikima pada Kamis sore. Bantuan berupa telur, mie kering, mie instant, pakaian, sabun cuci dan pasta gigi diterima langsung oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Polora.

Kepala Divisi BMH Sultra Hamzah mengatakan, bantuan untuk korban banjir itu masih dalam rangkaian program “Berbagi Kebaikan” BMH Sultra di bulan Ramadan. Kondisi sejumlah desa di Konut saat ini masih sangat memprihatinkan dan akses jalan sangat sulit dilewati.

“Air sudah mulai surut, namun akses jalan ke lokasi yang terdampak banjir masih sulit karena ketinggian air. Mobil harus pakai sampan dengan biaya yang tinggi. Sementatra warga mengungsi di masjid dan tenda-tenda,” ujar Hamzah melalui pesan WhatsApp, Jumat (25/5/2018)

Lanjut dia, banjir yang melanda di Konut beberapa hari lalu mengakibatkan beberapa desa terendam banjir. Tak ada korban jiwa dalam bencana tersebut namun kerusakan rumah penduduk akibat banjir yang melanda, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

“Daerahnya terisolir, di sana tidak ada signal. Tengah malam kembali baru dapat signal. Menurut Relawan sekaligus dai BMH yang masih di lapangan, Ustadz Sulaiman, saat ini yang dibutuhkan korban banjir tahap awal adalah makanan, pakaian layak pakai dan air bersih,” ujar Hamzah.

Kondisi rumah warga Konawe Utara yang rata dengan tanah karena diterjang banjir
Kondisi rumah warga Konawe Utara yang rata dengan tanah karena diterjang banjir

Kendati demikian, bantuan berupa sembako itu hanya sementara sebab sejumlah rumah warga rusak parah. Kata Hamzah, untuk tahap selanjutnya bantuan yang diperlukan adalah bagaimana para korban bisa membangun rumah mereka yang hanyut dibawa air.

BMH masih menerima bantuan dari warga Sultra yang ingin berdonasi untuk meringankan beban korban banjir. Bagi masyarakat Sultra yang ingin berdonasi untuk korban banjir Konut silakan menghubungi BMH Sultra di Kawasan Citraland Ruko H 01/18 Jl. Malaka Anduonohu HP/WA: 081245111945.

Bantuan juga dapat ditransfer di nomor rekening a.n Baitul Maal Hidayatullah: BSM 7035460165; Mandiri 1620000256440; BNI 0243193674; BNI Syariah 0710452814; BRI 064401000797536; Muamalat 8280001800. (B)


Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib