iklan zonasultra

BMKG: Hujan Lebat di Kendari Diprediksi Hingga Sore Hari

BMKG: Hujan Lebat di Kendari Diprediksi Hingga Sore Hari
BMKG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat yang mengguyur Kota Kendari dan sekitarnya Rabu (16/5/2018) hari ini akan berlangsung hingga sore nanti. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat yang mengguyur Kota Kendari dan sekitarnya Rabu (16/5/2018) hari ini akan berlangsung hingga sore nanti.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono menjelaskan, hujan lebat hari ini disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya, kelembaban udara masih basah di lapisan 3.000 feet, perlambatan angin dan suhu muka laut yang hangat dan kondisi karakteristik iklim di Sultra bagian timur pada bulan Mei hingga Juli sering terjadi hujan ekstrim.

Hujan esktrim terbagi menjadi dua yakni hujan lebat dan hujan es. Hujan Lebat adalah hujan dengan intensitas paling rendah 50 milimeter (mm)/24 jam dan/atau 20 milimeter (mm)/jam. Sedangkan hujan es adalah hujan yang berbentuk butiran es yang mempunyai garis tengah paling rendah 5 milimeter (mm) dan berasal dari awan cumulonimbus.

“Kami menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan cuaca ini, dan tetap memperhatikan informasi cuaca terkini,” kata Adi Istiyono kepada zonasultra.com, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, hindari daerah yang terlalu banyak pepohonan dan baliho besar karena rawan tumbang dan menimpa warga. Saat ini kondisi angin di Sultra bergerak dari arah Tenggara menuju ke Selatan. Sementara secara umum penyebaran hujan lebat di Sultra masih bervariasi setiap daerah. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib