iklan zonasultra

BMKG: Tiga Hari ke Depan Masih Berpotensi Hujan Lebat

BMKG: Tiga Hari ke Depan Masih Berpotensi Hujan Lebat

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi curah hujan tiga hari ke depan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Adi Istiyono mengatakan, hal tersebut disebabkan beberapa faktor yakni adanya fenomena Madden-Julian Oscillation (MJO) di wilayah Sultra. Massa udara basah lapisan rendah dan indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra bagian Utara.

Kemudian, anomali positif suhu permukaan laut juga terjadi di sekitar wilayah Perairan Teluk Bone dan perairan bagian Timur Sultra. Faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan.

Pada tanggal 27 November 2020 potensi hujan terjadi di Kolaka Utara (Kolut), Konawe Utara (Konut), Kolaka Timur (Koltim), Konawe dan Bombana. Kemudian 28 November 2020 Kolut, Konawe, Konut, Konsel, Koltim dan Kendari dan tanggal 29 November 2020 berpotensi di Konut dan Konawe.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ungkapnya melalui siaran persnya.

 


Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib