iklan zonasultra

Bombana dan Kolaka Dinilai Sukses Programkan Kampung KB

Bombana dan Kolaka Dinilai Sukses Programkan Kampung KB
KUNJUNGAN - Tim Surveyor berkunjung di Kabupaten Bombana dan Kolaka dalam rangka memotret kelayakan daerah tersebut untuk menerima penghargaan SatyaLancana -Wira Yaksa dari Presiden RI, Joko Widodo. (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Dua daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yaitu Kabupaten Bombana dan Kabupaten Kolaka kedatangan Tim Surveyor Satya Lancana Pembangunan dan Satya Lancana Wira Yaksa, pada Selasa (9/4/2019). Tim Surveyor ini ditugaskan Presiden RI Joko Widodo melalui Dewan Tanda Kehormatan.

Kedatangan tim dari pusat ini, dengan maksud membuktikan penerapan program Pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB). Program dua daerah tersebut dianggap sukses sehingga masuk pada nominasi penilaian tertinggi di Sultra. Penilaian tertinggi yang dimaksud adalah peserta KB aktif.

Ketua Tim Penilai Satya Lancana Wira Yaksa, Aida Kusuma mengatakan Bombana dan Kolaka menjadi daerah yang paling memenuhi persyaratan atas indikator yang telah disiapkan, utamanya dalam upaya menggenjot kesejahteraan keluarga melalui kampung KB.

iklan zonasultra

“Kami menilai dua daerah ini karena sudah dinilai baik, makanya kami hadir memastikan kebenaran dari sudut pandang BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) Sultra. Utamanya, seperti apa sih real dari kenaikan peserta KB di dua daerah ini,” ujar Aida Kusuma di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Bombana, Selasa (9/4/2019).

Jika itu memang terbukti, lanjut Aida, pihaknya akan mendata secara teliti dan tidak akan menganggu gugat keberhasilan Pemda Bombana dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga.

“Setelah dilakukan survei, maka data itu akan kami tindak lanjut ke dewan tanda kehormatan pusat. Dewan ini yang akan mempertimbangkan untuk diserahkan ke Presiden. Jika, itu memenuhi kriteria, sudah jelas Bombana dan Kolaka akan menerima penghargaan Satya Lancana Pembangunan dan Satya Lancana Wira Karya,” tandasnya.

Bupati Bombana, Tafdil menyampaikan bahwa pihaknya telah berupaya menggenjot peserta KB. Hingga saat ini total pengguna KB aktif mencapai 24.113 peserta di Bombana.

Pihaknya dengan mengandalkan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) telah memberikan fasilitas pendukung bagi petugas KB di lapangan. Seperti sarana kendaraan dan melibatkan tenaga medis (bidan) untuk meningkatkan peserta KB, utamanya bagi pasangan usia subur. (C-)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib