iklan zonasultra

Bombana Keciprat Dana Rp6,5 Miliar Bangun Pelabuhan di Poleang Tengah

Kepala Dinas Perhubungan Bombana, Syahrun
Syahrun

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Pemerintah Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapat kucuran anggaran senilai Rp6,5 miliar untuk pembangunan pelabuhan di Desa Paria, Kecamatan Poleang Tengah. Dana tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang disalurkan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) atas usulan di tahun 2018 lalu.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bombana Syahrun mengatakan, Kemendes PDTT merespon usulan pembangunan pelabuhan itu melalui DAK afirmasi. Hal itu didukung oleh memadainya kelengkapan dokumen dan indikatornya.

iklan zonasultra

“Alhamdulillah, rencana pembangunan pelabuhan yang letaknya tepat di wilayah Desa Paria dan Desa Mulaeno ini mendapat jawaban dari pusat. Kami rencanakan pelabuhan itu mulai dikerja tahun ini, tinggal dilelang dan pengerjaan fisiknya,” ungkap Syahrun di Rumbia, Rabu (23/1/2019).

Syahrun menyampaikan, salah satu alasan usulan pembangunan pelabuhan tersebut disebabkan kondisi fisiknya yang cukup memprihatinkan. Kata dia, pelabuhan tersebut merupakan satu-satunya di wilayah Poleang dan menjadi akses penghubung menuju ke pulau lainnya, seperti Pulau Kabaena, Pajala, Bajoe dan pelabuhan di Buton.

Adanya pelabuhan ini akan membantu masyarakat di wilayah Poleang menuju daerah lain tanpa harus memutar lagi melalui Pelabuhan Kasipute.

Syahrun menambahkan, saat ini pihaknya juga tengah memperjuangkan pembangunan pelabuhan di wilayah Kabaena yang juga diusulkan di Kemendes PDTT.

“Masih ada pelabuhan yang kami targetkan pembangunannya tahun ini, diantaranya pelabuhan di Kabaena dengan cakupan anggaran yang cukup besar. Kami masih sementara melengkapi dokumennya untuk diusulkan ke Kemendes PDTT,” tutupnya. (b)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib