iklan zonasultra

BPBD Pastikan di Mubar Tidak Terjadi Banjir

Sekretaris BPBD Mubar, Gusti Murah S
Gusti Murah S

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) memastikan di wilayah tersebut tidak terjadi banjir.

Sekretaris BPBD Mubar, Gusti Murah S mengatakan berdasarkan hasil pantauan, tidak ada banjir yang terjadi di Mubar namun begitu dia tidak menampik ada beberapa daerah yang digenangi air yakni di Kecamatan Kusambi tepatnya jalan depan Bandara Sugimanuru kemudian do Kecamatan Barangka dan Kecamatan Tiworo Selatan.

“Alhamdulillah di Mubar ini tidak ada sungai besar, hanya saja daerah kita ini bentuknya seperti kuali. Jadi kalau hujan selama satu hari, pasti genangan air sudah terlihat,” kata Gusti Murah saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (11/6/2019).

iklan zonasultra

Kata Gusti Sungai Tiworo ketika hujan mengguyur, berdasarkan pantauan yang dilakukan air meluap hanya sampai di bawah jembatan.

Lanjut dia, selama musim penghujan ini pihaknya selalu siap tanggap jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

(Baca Juga : Sultra Dikepung Banjir: 7 Wilayah Terdampak, 3 Kabupaten Terparah)

“Hujan tahun ini di Mubar tidak terlalu deras seperti yang terjadi di Konut, Konawe dan Koltim. Kalau hujan tahun lalu memang hujannya sangat deras sehingga banyak wilayah yang tergenang air,” tuturnya.

Dia menambahkan, belajar dari pengalaman tahun 2018 lalu ketika hujan mengguyur terjadi genangan di sejumlah titik, Pemda Mubar m mengambil langkah cepat dengan membuat drainase yang muaranya langsung ke kali.

“Sesuai intruksi Bupati Mubar, La Ode M Rajiun Tumada bahwa jika ada wilayah yang dianggap rawan genangan air seperti di depan Bandara Sugimanuru agar segera dilakukan normalisasi,” ungkapnya. (C)

 


Kontributor : Kasman
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib