Tampilan Desktop



BPJS Ketenagakerjaan Permudah Akses Peserta Dapatkan Layanan Kesehatan Akibat Kecelakaan Kerja
81 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Kendari meningkatkan kerjasama dengan sejumlah fasilitas kesehatan yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Kendari La Uno

La Uno

Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Kendari La Uno menjelaskan jika kerjasama yang terjalin dengan sejumlah fasilitas kesehatan yang ada di Sultra sudah mulai sejak tahun 2015 silam, namun dikesempatan kali ini pihaknya kembali melakukan pertemuan diskusi untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Jika ada peserta bpjs ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja… Kalau dulu biayanya di reimbers. Nah saat ini tidak lagi karena kami sudah kerja sama dengan rumah sakit/puskesmas/klinik,” ungkap La Uno saat ditemui di Swissbel Hotel Kendari, Rabu (10/5/2017)

Ataupun juga sebaliknya, peserta membayar terlebih dahulu biaya pengobatan ke pihak penyedia layanan kesehatan kemudian mengklaim seluruh biaya pengobatan kepada BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi hal itu sudah dipermudah dengan adanya peningkatan kerjasama ini.

Diantaranya keuntungan bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan sendiri akan lebih mudah mendapatkan layanan kesehatan akibat kecelakaan kerja dari rumah sakit, puskesmas, klinik dan trauma center.

Dimana cukup dengan memperlihatkan kartu peserta kepada pihak pemberi layanan kesehatan dan langsung dapat diberikan pelayanan setelah ada konfirmasi pihak rumah sakit kepada BPJS Ketenagakerjaan terkait status aktif calon pasien sebagai peserta.

La Uno pun menjelaskan hal ini juga akan mengurangi adanya tindakan pemungutan biaya admintrasi bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan saat akan mendapatakan layanan dari pihak penyedia layanan kesehatan tersebut.

Terkait jika ada keluhan yang didapatkan peserta, pihaknya berusaha mengurangi resiko tersebut dengan melakukan pembinaan kepada seluruh penyedia kesehatan dengan mengadakan sosialisasi secara langsung di lapangan.

Untuk diketahui, saat ini BPJS Ketenagakerjaan cabang Kendari telah bekerja sama dengan kurang lebih 24 penyedia layanan kesehatan yang ada di Sultra. Untuk kota Kendari sendiri seluruh rumah sakit telah terjalin kerjasama seperti RSUD Abunawas, RSUP Bahteramas, RS Santaana dan sejumlah puskesmas serta klinik.(B)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com