BPS Baubau Verifikasi Data PPLS 2012

71

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Untuk memperbaharui data kependudukan, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan verifikasi data  di setiap kelurahan, dengan mengadakan Forum Konsultasi Pemutahiran Berbasis Data Terpadu 2015.

Asti, selaku Koordinator statistik Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau mengatakan, pendataan yang sudah pernah dilakukan adalah Pendataan Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2012.Pendataan dimaksud berbasis rumah tangga miskin di Kelurahan Kadolomoko sebanyak 460 Kepala Keluarga (KK).

“Data inilah yang akan diverifikasi dan dimungkinkan ada data tambahan rumah tangga miskin di Kelurahan Kadolomoko.Jika dalam satu rumah tangga terdapat 4 KK maka yang didata cukup satu saja. Ini juga nantinya yang akan digunakan untuk mengkroscek mana warga yang sudah meninggal dan mana yang sudah pindah alamat,” ungkap Asti yang ditemui di Kelurahan Kadolomoko Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau, Senin (8/6/2015).

Karena yang digunakan adalah data PPLS tahun 2012 lanjutnya maka tentu ada beberapa perubahan baik dari tingkat kesejahtraan mau pun secara fisik rumah yang ditinggali. Data terbaru nantinya diperuntukkan data beberapa program Pemerintahan Jokowi-JK. Diantaranya Bantuan Langsung Masyarakat Miskin, Program keluarga Harapan (PKH) dan BPJS Kesehatan, serta beberapa program yang lainnya.

Di tempat yang sama Lurah Kadolomoko Kecamatan Kokalukuna Kota Baubau, La Ode Arfan, mengharapkan kepada ketua RT dan RW melakujan pendataan sebaik mungkin dan betul-betul warga yang miskin. Data ini diharapkan bisa memberikan dampak yang baik buat masyatakat. 

” kita berharap data ini nantinya sudah tidak ada komplain dari masyatakat dimana data yang sering mendapat sorotan jika program bantuan sudah turun,” pungkas La Ode Arfan.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini