iklan zonasultra

Buka MTQ ke-XXVII, Bupati Rusman Harapkan Kemandirian Qori dan Qoriah

Buka MTQ ke-XXVII, Bupati Rusman Harapkan Kemandirian Qori dan Qoriah
Pembukaan MTQ - Bupati Muna LM Rusman Emba resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Muna XXVII Tahun 2018 yang diselenggarakan di halaman Masjid Al Markas Al Islami Al Munajat Kota Raha, Jumat (9/2/2018) malam. (KASMAN/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, RAHA – Bupati Muna LM Rusman Emba resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Muna XXVII Tahun 2018, yang diselenggarakan di halaman Masjid Al Markas Al Islami Al Munajat Kota Raha, Jumat (9/2/2018) malam.

Bupati Muna LM Rusman Emba mengungkapkan bahwa pelaksanaan MTQ tahun ini bertujuan untuk membina ukhuwah islamiah dalam meningkatkan dan mengembangkan syiar islam di Kabupaten Muna. Selain itu, momentum ini dapat dijadikan sebagai salah satu tonggak pembinaan qori dan qoriah sehingga dapat terwujudnya kemandirian seluruh peserta yang mengikuti MTQ kali ini.

Pelaksanaan MTQ kali ini juga, lanjut mantan senator Sultra, diharapkan dapat menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan, yang dimulai dari pemahaman membaca dan menulis Al Qur’an secara baik dan benar.

Namun yang paling penting adalah mendorong semua masyarakat secara swadaya dan mandiri untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Al Qur’an di Kabupaten Muna.

“Melalui MTQ mari kita wujudkan revolusi mental dengan memantapkan nilai-nilai keislaman, guna mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang rahmatan lil alamin,” kata ketua FKPPI Sultra ini.

Pemkab Muna juga berkomitmen untuk meningkatkan nilai-nilai religius dan syiar Islam di seluruh wilayah Kabupaten Muna, di antaranya telah mencanangkan kampung Qur’an di setiap Desa dan Kelurahan yang di mulai dari Desa Mantobua Kecamatan Lohia. Selain itu juga, Pemkab juga telah melaksanakan gerakan malam jum’at yasinan (GEMAJASA) serta GEMAR SABAR.

Untuk itu, Rusman mengajak seluruh umat islam di Muna untuk selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al Qur’an. Kemudian berpesan kepada Qori dan Qoriah yang akan berlomba untuk mencurahkan semua kemampuan yang dimilikinya.

“Karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ ke-XXVII tingkat Kabupaten Muna ini, selanjutnya akan dikirim untuk mewakili Kabupaten Muna pada pelaksanaan MTQ ke XXVII tingkat Provinsi Sultra yang dilaksanakan di Kabupaten Buton Utara pada bulan April mendatang,” ucapnya.

Pembukaan MTQ Kabupaten Muna XXVII Tahun 2018, turut hadir Wakil Bupati Muna Abdul Malik Ditu, Pimpinan DPRD, Ibu PKK Kabupaten Muna, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), dan Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Muna. (B)

 


Reporter : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib