iklan zonasultra

Buka MTQ, Wabup Mubar Harap Peserta Bisa Mengamalkan Nilai Nilai Al Qur’an

Buka MTQ, Wabup Mubar Harap Peserta Bisa Mengamalkan Nilai Nilai Al Qur'an
MTQ MUBAR - Wabup Achmad Lamani bersama pimpinan forkompinda, ketua PKK Mubar dan kepala OPD saat meresmikan MTQ ke-II tingkat kabupaten, yang dilaksanakan di Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Minggu (23/2/2020). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Wakil Bupati Kabupaten Muna Barat (Mubar), Achmad Lamani resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke – II Tingkat Kabupaten Muna Barat Tahun 2020 yang dilaksanakan di Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Minggu (23/2/2020).

Mantan Sekda Mubar ini mengatakan dengan gelaran MTQ ke II ini diharapkan dapat menjadi ajang pemahaman dan pengalaman nilai-nilai Al Qur’an, untuk meningkatkan kerukunan umat beragama menuju masyarakat yang maju, mandiri dan berdaya saing. Ia juga mengaku sangat takjub melihat animo masyarakat yang begitu semangat meskipun hujan.

Iklan Zonasultra

Baca Juga : MTQ Mubar Dimulai Besok, Ada 5 Cabang Baru yang Dilombakan

“Saya berharap dengan MTQ ini, kita mantapkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al Qur’an. Selain itu, dapat melahirkan Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizah untuk mewakili Mubar di MTQ tingkat provinsi nanti,” kata Achmad Lamani.

MTQ ini mempunyai posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental, spiritual, dan akhlak bangsa. Untuk itu, melalui kegiatan ini, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk merefleksi, berzikir, dan bertafakur untuk membangun akhlak dan peradaban yang baik.

“MTQ ini tidak hanya sekedar peneguhan syiar Islam saja, tetapi dapat menjadi barometer untuk mengukur output masyarakat akan kecintaannya membaca al-qur’an. Sebab, al-qur’an dapat memberikan pencerahan bagi siapa saja yang membacanya serta dapat memberikan keteduhan batin bagi yang mengamalkannya,” tuturnya.

Untuk itu, atas nama Pemkab Mubar, pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan MTQ ke II tingkat kabupaten ini.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ ke II, Nasir Kola menjelaskan MTQ tingkat kabupaten Muna Barat ini dilaksanakan selama lima hari yakni mulai tanggal 23-28 Februari 2020, yang bertempat di Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa. Sebelum dibukanya MTQ ini dirangkaikan dengan pawai ta’aruf yang diikuti oleh khafilah di 11 kecamatan dan seluruh OPD.

“Jadi pada MTQ ke II tingkat kabupaten ini, jumlah pesertanya berjumlah 237 orang dan laski sebanyak 21 orag. Sementara, cabang yang diperlombakan yakni tilawat, hafalan juz, tafsir, hafalan hadist, cerdas cermat qur’an, seni kaligrafi qur’an, syarh qur’an, karya tulis ilmiah al-qur’an (KTIQ), dan laski,” jelasnya.

Baca Juga : 2020, Terminal Tipe B akan Dibangun di Mubar

Nasir berharap, dengan MTQ ini dapat melahirkan Qori dan Qoriah, dan lider-lider terbaik yang bisa mengangkat derajat Mubar dalam MTQ tingkat provinsi maupun nasional. Tentunya, siapapun yang menjadi juara pada MTQ ini akan mewakili Mubar pada ajang MTQ tingkat provinsi Sultra yang akan dihelat pada awal bulan April 2020 mendatang.

Untuk diketahui, sebelum dibuka secara resmi MTQ ke-II ini diawali dengan pawai taaruf yang diikuti 40 kafilah. Turut hadir juga pimpinan Forkopimda Mubar, seluruh Kepala OPD lingkup Pemda Mubar, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat. (b)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib