iklan zonasultra

Buka PWD Sultra ke-4, Ruksamin: Pramuka Membangun Manusia Berkarakter

Buka PWD Sultra ke-4, Ruksamin: Pramuka Membangun Manusia Berkarakter
PWD 2018 KE 4 - Ketua Mabicab gerakan pramuka konawe utara, Ruksamin saat memimpin upacara pembukaan Perkemahan Wira Karya Daerah (PWD) 2018 ke 4 di Kecamatan Oheo, Senin (2/7/2018). (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Pramuka Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin mengatakan, organisasi gerakan pramuka merupakan sebuah wadah sosial untuk membangun manusia yang berkarakter.

Hal tersebut disampaikan Ruksamin saat membuka Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) Sultra ke-4 di Kecamatan Oheo, Senin (2/7/2018).

Dikatakan, pramuka mampu menjadi penyeimbang di zaman globalisasi saat ini, untuk membentuk manusia yang berkarakter, inovatif, cerdas dan kreatif serta jauh dari perilaku negatif.

“Untuk itulah melalui kegiatan ini (Pramuka) menjadi langkah kita bersama untuk terus membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat,” kata Bupati Konut ini.

Buka PWD Sultra ke-4, Ruksamin: Pramuka Membangun Manusia Berkarakter“Dan bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas saja, tapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya dalam kerukunan, kekompakan serta selalu bersatu menjunjujung kesatuan dan persatuan,” tambahnya.

Selain itu, lanjut mantan Ketua DPRD Konut ini, gerakan pramuka juga merupakan sistem pendidikan nonformal yang melengkapi pendidikan formal. Pramuka juga menjadi tempat menempa keterampilan dan pengetahuan, memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya.

Di akhir sambutannya, Ruksamin berharap PWD ke-4 ini dapat memberikan manfaat besar kepada para peserta, terutama kepada keluarga besar gerakan pramuka.

“Semoga pelaksanaan kegiatan PWD dapat menghasilkan karya nyata gerakan pramuka untuk Sultra yang sesungguhnya. Selamat berkemah, selamat berkarya, salam pramuka,” tutupnya.

Kegiatan pembukaan ini turut dihadiri wakil Dispora Provinsi Sultra, Ketua Kwartir Daerah Pramuka Sultra, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Konut (FKPD), Ketua Kwartir Cabang Pramuka Konut, pengurus Kwarda, Kwarcab, Kwarran, DKD, DKC, DKR, Pimpinan Saka, Ketua Mabiran, Ketua Mabigus dan Pembina Gugus Depan, para Penegak dan Pandega serta ratusan peserta PWD Sultra ke-4 dari 17 kabupaten dan kota. (B)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib