Honda

Bulog Akan Pamer Beras Cap Anoa Sultra di Peringatan Hari Pangan

Kepala Divisi Regional (Divre) Bulog Sultra Ermin Tora
Ermin Tora

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Saat pelaksaan pameran peringatan Hari Pangan Seduian (HPS) ke-39 di Kota Kendari, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Tenggara Sultra (Sultra) akan memperkenalkan komoditi pangan lokal salah satunya beras.

Kepala Divisi Regional (Divre) Bulog Sultra Ermin Tora mengatakan, saat pelaksanaan HPS Bulog diberikan kesempatan untuk membuka stand pameran produk lokal dari berbagai provinsi, salah satunya Sultra.

“Bulog mengakomodir kearifan lokal, seperti Bulog dari Kalimatan dan Sumatera akan memperkenalkan produk unggulan mereka, dan khusus kita nanti beras Mekongga dengan merek Cap Anoa Sultra,” ungkapnya, saat ditemui di kantornya, Jumat (11/10/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : 34 Ribu Tamu Bakal Hadiri Hari Pangan Sedunia di Kendari

Apalagi beras Cap Anoa Sultra merupakan beras kemasan yang resmi diluncurkan pemerintah Sultra di masa kepemimpinan Nur Alam-Saleh Lasata (NUSA), tepatnya saat perayaan 10 tahun ekspo Nusa Februari tahun 2018.

Jenis beras premium kemasan 10 kg dengan harga Rp12 ribu per kilogram ini tersedia dua varietas yaitu Beras Kita Mekongga dan Beras Kita Konawe, dan Pemda telah menjalin kerjasama dengan Bulog Sultra untuk pemasaran beras tersebut.

Tahun 2018 lalu pun, Distanak menyiapkan kemasan sekitar 17 ribu lembar dan diserahkan kepada Bulog Sultra dengan harapan Bulog akan menjual dan seterusnya mereplikasi serta terus menindaklanjuti pemasaran beras.

Ermin menjelaskan, dengan hadirnya sejumlah daerah dari berbagai provinsi bahkan dunia merupakan kesempatan Sultra untuk memperkenalkan produk khas Sultra dikanca internasional.

Sehingga apabila ada daerah lain yang membutuhkan, pihaknya siap untuk melakukan kerja sama dalam memasarkan produk tersebut.

Tak hanya beras Cap Anoa Sultra, pihaknya juga akan menghadirkan komiti jagung, merica dan rumput laut.

Baca Juga : Makanan Khas Muna ‘Kabuto’ Wakili Sultra di Hari Pangan Sedunia

“Kalau ada masyarakat luar yang siap menyerap produk lokal Sultra kita akan membantu mengadakan dan memasarkannya,” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk stok beras ada 15 ribu ton saat ini di gudang Bulog.

Untuk diketahui, pusat pameran komoditi pangan akan digelar di kawasan Tugu Religi Sultra, Kendari mulai dari tanggal 2 hingga 5 November 2019.

Rencananya perayaan HPS ini akan dihadiri Presiden Jokowi dan jajaran kementerian terkait dan pejabat negara lainnya, tak hanya itu perwakilan 100 duta besar dari berbagai negara di dunia juga turut hadir. (b)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib