iklan zonasultra

Bupati Apresiasi Capaian Kenaikan Pendapatan Perusda Konsel

Bupati Apresiasi Capaian Kenaikan Pendapatan Perusda Konsel
Suasana Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2019 yang digelar di Kota Kendari, Sabtu (15/2/2020).

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO-Bupati Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) Surunuddin Dangga mengapresiasi capaian kenaikan pendapatan Perusahaan Daerah (Perusda) ini.

Surunuddin menjelaskan ditahun 2019 Perusda Konsel berhasil membukukan keuntungan yang lebih tinggi sesuai target yang telah ditentukannya pada saat RUPS Tahun 2018 lalu. Saat itu, Surunuddin mengultimatum akan menutup Perusda jika tak memberi keuntungan bagi daerah.

“Sedari awal saya menyampaikan akan menutup perusahaan ini, jika tidak mampu memberikan kontribusi positif, namun alhamdulillah kali ini bisa memberikan setoran dividen ke pemerintah daerah dengan cukup signifikan,” kata Surunuddin saat menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahun Buku 2019 yang digelar di Kota Kendari, Sabtu (15/2/2020).

iklan zonasultra

Dia berharap, kinerja Perusda dapat terus sejalan dengan kemampuan sumber daya manusia para pengurus, sebab seiring berkembangya suatu perusahaan juga akan diiringi tantangan yang lebih besar.

Direktur Utama (Dirut) Perusda Arief Rachman dalam laporanya menyampaikan kinerja Perusda mengalami kenaikan, dengan berkontribusi positif ke Pemda Konsel melalui penyetoran Dividen dari Rp2 M di tahun 2018 dan naik menjadi Rp3,2 M pada Tahun 2019.

“Alhamdulillah kita bisa menyetor keuntungan kepada Pemda Konsel, jauh lebih tinggi dari target yang ditetapkan, yang mana Tahun 2016 dan 2017 hanya di angka ratusan juta saja,” terang Arif.

Jumlah peningkatan pendapatan yang signifikan tersebut, didistribusikan dari pendapatan jasa pengelolaan pelabuhan Perusahaan tambang Ifishdeco dan PT.Sambas serta kemampuan kelancaran dalam penagihan piutang.

Arif merinci sesuai laporan keuangan yang ada, Perusda berhasil menunjukkan peningkatan kinerja keuangan yang positif, dengan Laba naik hingga 60 persen pada Tahun 2019 sebesar Rp5,9 miliar dari angka Rp3,7 miliar di tahun 2018.

“Pendapatan berhasil kita bukukan sebesar Rp13,8 M meningkat 41 persen dari tahun 2018 yang hanya sebanyak Rp8 Milyar,” papar Arif.

Arif pun menambahkan, dengan kenaikan laporan posisi keuangan perusda tersebut, berimplikasi terhadap kenaikan value kapitalisasi aset 2019 sebesar Rp15 Milyar atau meningkat 50% dari Tahun 2018 yang capaiannya hanya sebesar Rp10 Milyar.

Turut hadir dalam acara itu RUPS, Wakil Bupati konsel Arsalim Arifin, Sekda Konsel Sjarif Sajang, Ketua Badan Pengawas, Hasbudin, Sekretaris Badan Pengawas, Andri Darmawan, Anggota Badan Pengawas, Akbar, Direktur Utama, Arief Rachman, dan Direktur Produksi, Muhammad Akbar Liambo. (b)

 


Reporter : Erik
Editor : Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib