iklan zonasultra

Bupati Butur Dorong Penguatan BUMDes

Bupati Butur Dorong Penguatan BUMDes
Penguatan BUMDes - Bupati Butur Abu Hasan saat menghadiri acara penguatan kelembagaan BUMDes lingkup Kulisusu Utara, di Aula Kecamatan Kulisusu Utara, Senin (24/6/2019). (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) Abu Hasan gencar memberikan dorongan penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya memperkuat perekonomian masyarakat dan desa, dengan melihat berbagai potensi di dalamnya.

“Kesejahteraan itu tercapai kalau ada peningkatan pendapatan,” kata Abu Hasan saat menghadiri acara penguatan kelembagaan BUMDes di aula Kecamatan Kulisusu Utara, Senin (24/6/2019).

Baca Juga : Tak Punya Fasilitas, RSUD Butur Masih ‘Impor’ Darah dari Kendari

iklan zonasultra

Di Butur sendiri, lanjutnya, sumber daya alam (SDA) terutama sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan memang sangat potensial untuk dikembangkan. Pengembangannya, tentu menjadi tantangan yang mesti dijawab bersama.

Saat ini, BUMDes sudah terbentuk di tiap-tiap desa. Salah satu peluang pengembangan SDA tersebut tentunya melalui penguatan BUMDes dengan pengelolaan yang optimal.

Baca Juga : Pemkab Butur Bersama Lintas Komunitas Galang Donasi untuk Konut

Abu Hasan tidak ingin kekayaan SDA di daerah otoritasnya diterlantarkan begitu saja. Pemasaran komoditas unggulan Butur harus pasti dan tentunya memiliki kualitas produk yang bisa bersaing dengan kompetitor daerah lain.

“Letakkan BUMDes sebagai lembaga yang optimal mengelola hasil produksi di desa. BUMDes harus kuat. Dan untuk memperkuat BUMDes dibutuhkan pertisipasi kita semua,” pungkasnya. (b)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib