iklan zonasultra

iklan zonasultra

Bupati Butur Ingatkan Pengembangan Pariwisata Tak Boleh Rubah Nilai Budaya

Bupati Butur Ingatkan Pengembangan Pariwisata Tak Boleh Rubah Nilai Budaya
BUPATI BUTUR - Bupati Buton Utara Abu Hasan saat memberikan sambutan pada acara pembentukan forum komunikasi antar pelaku industri pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Butur, Selasa (3/7/2018). (Foto Istimewa).

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya mengembangkan potensi wisata di daerah itu. Salah satu tahapannya sudah ditempuh, yakni dengan terbentuknya forum komunikasi antar pelaku industri pariwisata dan kebudayaan.

Bupati Butur Abu Hasan menyambut hangat lahirnya wadah tersebut. Dengan harapan ke depan bisa berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta percepatan progres pembangunan daerah.

Namun demikian, tak lupa pula dia mengingatkan bahwa dalam pengembangan sektor pariwisata dan budaya, ada yang membutuhkan sentuhan kreatifitas manusia, ada pula yang keasliannya harus tetap dijaga. Misalnya, situs budaya ataupun keunikan lain yang mencerminkan ciri khas daerah.

(Baca Juga : Bupati Butur Serahkan Tiga Buah Raperda ke DPRD)

“Harus asli. Jangan utak atik. Situs itu tidak bisa dirubah tempatnya, maupun bentuknya,” tutur Abu Hasan dalam acara pembentukan forum komunikasi antar pelaku industri pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Butur, Selasa (3/7/2018).

Untuk itu ia berharap dalam kegiatannya nanti, forum tersebut melibatkan lembaga adat dan budaya untuk mengawal kegiatan kepariwisataan. Kendati sudah dilakukan pembekalan bagi para pelaku industri di dalamnya.

Selain itu, Abu Hasan menginginkan pula agar forum itu juga dapat menjadi pusat informasi maupun koordinasi bagi seluruh stakeholder terkait pengembangan pariwisata. (B)

 


Reporter : Irsan Rano
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib