iklan zonasultra

Bupati Butur Serahkan Bantuan Perikanan di Desa Banu Banua Jaya

Bupati Butur Serahkan Bantuan Perikanan di Desa Banu Banua Jaya
PENYERAHAN BANTUAN - Bupati Buton Utara, Abu Hasan, saat menyerahkan secara simbolis kepada enam penerima bantuan alat perikanan dan perumahan di Balai Desa Banu Banua Jaya, Rabu (25/12/2019). (Foto Istimewa).

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) Abu Hasan menyerahkan sejumlah bantuan alat perikanan kepada warga Desa Banu Banua Jaya (Bajo), Rabu (25/12/2019). Bantuan ini bersumber dari APBDes setempat tahun anggaran 2019 berupa tali, mesin katinting 20 dan 5,5 PK, boks gabus, jaring, serta peralatan perumahan bagi warga yang bekerja sebagai tukang.

Abu Hasan menyampaikan, bantuan tersebut adalah bagian wujud perhatian dan tanggung jawab pemerintah untuk memudahkan aktivitas masyarakat dalam menggeluti usahanya. Dengan harapan, bisa lebih meningkatkan pendapatan.

Menurutnya, pola pemberdayaan masyarakat dengan pemberian fasilitas sesuai dengan profesinya adalah langkah yang tepat dilakukan oleh kepala desa setempat. Untuk itu ia berpesan agar bantuan tersebut dirawat dan dimanfaatkan dengan baik.

iklan zonasultra

Bagi masyarakat yang belum kebagian, lanjut Abu Hasan, diharapkan untuk bersabar. Sebab, pemberian bantuan ini dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Bukan hanya pemerintah desa yang menganggarkan, pemerintah daerah hingga pusat juga intens setiap tahun mengucurkan bantuan bagi masyarakat.

“Pelihara apa yang sudah pemerintah berikan,” ujar Ketua DPD PDI Perjuangan Sultra itu.

Kepala Desa Banu Banua Jaya, Sumarno menjelaskan, bantuan yang disalurkan berdasarkan permintaan masing-masing warga. Ia tak menampik, dari keseluruhan usul yang masuk, hanya sebagian yang bisa direalisasi.

(Baca Juga : Bupati Butur Resmikan Pabrik Kelapa di Kulisusu Utara)

Untuk pengusul yang belum kebagian, lajut dia, tentunya akan menjadi prioritas pada tahun anggaran berikutnya.

“Yang tidak tercover di 2019, kita prioritaskan di 2020. Ada sekitar 30-an, tapi ada tambahan (bantuan) juga dari dinas perikanan,” ungkap Sumarno ditemui di lokasi kegiatan.

Si Ndiangi, salah satu penerima bantuan mengaku bersyukur rompong miliknya yang semula kekurangan tali sedikit bisa terbantu. Memang, kata dia, empat gulung tali yang baru saja diterimanya masih kurang.

Namun demikian, Si Ndiangi tetap bersyukur. Sebab, jika dirupiahkan bantuan yang diterimanya bisa mencapai dua jutaan lebih. Itu pun kalau dibeli di Kota Baubau.

“Sisanya nanti saya tambahkan sendiri. Kan kita sudah dapat juga (bantuan), yang lain mi juga,” tuturnya ditemui di lokasi penyerahan bantuan.

Berdasarkan daftar yang diperoleh dari pemerintah desa setempat, penerima mesin kantinting 20 Pk sebanyak 18 orang, mesin 5,5 PK 14 orang. Kemudian, boks gabus 13 orang, tali 18 orang dan alat perumahan 2 orang. (b)

 


Kontributor: Irsan Rano
Editor: Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib