Honda

Bupati Butur Tinjau Lokasi TNI Membangun Desa

Bupati Butur Tinjau Lokasi TNI Membangun Desa
Peninjauan TMMD - Peninjauan lokasi TMMD di Desa Banu Banua Jaya Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara, Rabu (10/7/2019). (Foto Istimewa)

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan bersama Komandan Kodim (Dandim) 1416/Muna Letkol Inf. Febi Triandoko, Kasiter Korem, Karo Log Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) dan rombongan melakukan peninjauan lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 tahun 2019.

Lokasi TMMD tersebut di Desa Banu Banua Jaya (Bajo) Kecamatan Kulisusu Kabupaten Butur. Dalam peninjauan kali ini, Rabu (10/7/2019), Abu Hasan sempat dibuat takjub melihat progres pembangunan masjid, salah satu jenis kegiatan dalam program TMMD.

Menurut Abu, proses pekerjaannya terbilang cepat, padahal, bangunan berukuran 12×16 meter itu baru dimulai pembangunannya beberapa hari yang lalu, melalui Pra TMMD.

iklan zonasultra

“Secara fisik kita lihat progres luar biasa. Baru beberapa saat dibangun, dan mudah-mudahan ini bisa selesai dalam waktu satu bulan ke depan,” ujar Abu Hasan di lokasi TMMD.

Baca Juga : Bupati Butur Promosi Komoditas Unggulan Daerah di Hadapan Investor

Menurutnya, progres yang terbilang cepat ini, tentunya tidak lepas dari kerja sama yang baik, antara anggota TNI dengan warga setempat. Dia mengaku, sangat mengapresiasi respon positif dan tingkat partisipasi dari warga setempat.

Selain mengagumi tingkat partisipasi masyarakat di lokasi TMMD, Abu Hasan juga mengapresiasi respon positif warga di luar Desa Banu Banua Jaya, yang menurutnya sangat bergairah menyambut kedatangan para anggota TNI di Butur. Menurut dia, hadirnya program ini, tentu akan sangat bermanfaat bagi warga setempat, terlebih jika kediamannya menjadi tempat tinggal para anggota TNI.

“Bisa berinteraksi setiap hari, dan saya kira akan sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat untuk menerima nilai-nilai positif dengan adanya TMMD,” kata dia.

Program fisik dalam TMMD ini meliputi tiga macam, di antaranya pembangunan masjid, rehab tambatan perahu, dan rehab jalan lingkungan titian kayu dalam lingkungan desa. Kata dia, sasaran kegiatan ini sangat tepat, karena memang amat dibutuhkan oleh warga setempat.

“Itu yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat selama ini dan dengan hadirnya TMMD ini, hampir semua kebutuhan masyarakat itu sudah terjawab,” ungkap dia.

TMMD ke-105 Kodim 1416/Muna ini juga memiliki sasaran berupa penyuluhan tentang narkoba, HIV AIDS, KB kesehatan, bela negara, paham radikal, terorisme dan bencana alam.

Untuk diketahui, TMMD ke-105 Kodim 1416/Muna ini mengusung tema bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatannya akan berlangsung sejak dibuka hari ini, 10 Juli, hingga 8 Agustus 2019. (B)

 


Kontributor: Irsan R
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib